Ombak Selat Sunda Tinggi, BMKG Serang Keluarkan Peringatan

CILEGON, (KB).- Peringatan dini atau Early Warning dikeluarkan oleh BMKG Serang terkait dengan kondisi cuaca yang terjadi diwilayah perairan Banten. Berdasarkan rilis yang diterima, mulai hari ini selama 2 hari Kamis-Jumat (14-15/12/2017) akan terjadi gelombang tinggi.

Kepala Stasiun Meteorologi Klas I Serang Sugarinketika dikonfirmasi Kabar Banten, membenarkan, cuaca perairan laut di Banten kurang bersahabat bahkan tinggi gelombang untuk 14-15 Desember mulai pukul 07.00 mencapai 1,25-2,5 meter. “Ketinggian itu terjadi pada Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan P.Jawa hingga P.Sumba, Samudera Hindia Barat Sumatera hingga Selatan NTT,” katanya.

Menurutnya, selain diperairan Banten, tinggi gelombang dai 2,5 – 4 M berpeluang terjadi di Laut Cina selatan,Laut Sulawesi bagian tengah dan timur,Perairan Kep.Sanggihe-Kep.Talaud,Samudera pasifik Utara Kep/Halmahera.

“Sementara untuk prakiraan cuaca suhu udara mencapai 22-32 derajat celcius,kelembaban udara 65-95%, angin dari arah barat daya hingga barat laut kecepatan 10-30 km/jam. Cuaca pagi hari berawan, hujan lokal di Serang, Ciruas, Tangerang dan rangkasbitung. Untuk siang hari berawan hujan Sedang di rangkasbitung, Pandeglang, Bayah, Tigaraksa, Tangerang, Serpong. Hujan lokal di Bojonegara, Anyer, merak dan Cilegon,” ujarnya.

Untuk malam hari, lanjut Sugirin, Berawan, hujan lokal di Pandeglang, Rangkasbitung, Ciruas, Serang, Anyer, Merak, Cilegon dan Bojonegara. “Untuk dini hari,berawan, hujan ringan di Anyer, Merak, Bojonegara dan Cilegon. Peringatan dini waspada potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang diwilayah Kab.Pandeglang bagian utara, Kab.Lebak bagian utara dan selatan, Kab.tangerang bagian selatan, Kota tangerang dan kota Tangsel. Angin kencang juga terjadi diwilayah Kota Cilegon, Kab.serang bagian Barat dan Kab.Pandeglang bagian barat,” ungkapnya. (HS)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here