Oknum Kades Diduga Terima Pungli Rastra

LEBAK, (KB).- Pendistribusian Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, ditemukan banyak masalah. Selain mayoritas desa melaksanakan pembagiannya tidak sesuai aturan, ada diwarnai pungutan dengan dalih kebijaksanaan.

Salah seorang aktivis Rakyat Peduli Negara Kesatuan Republik Indonesia (RPNKRI) Adang Abadi kepada Kabar Banten mengatakan, dari hasil pemantauan yang dilakukan pihaknya, pendistribusian Bansos Rastra kepada KPM di hampir seluruh desa di Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, sangat memprihatinkan. Umumnya, pendistribusian beras yang seharusnya diterima KPM sebanyak 10 kilogram dan tanpa biaya alias gratis namun pada kenyataannya KPM memberikan uang dengan besaran relatif dikisaran Rp 1.000 per kilogram.

”Kami sudah melakukan pemantuan ke sejumlah desa di Kecamatan Malingping dan mewawancarai sejumlah ketua rukun tetangga (RT) beberapa desa, yang terjadi sangat memprihatinkan. Para RT dibebani oleh desa untuk menyalurkan Rastra tanpa biaya atau bahkan rencana penggantian. Padahal sepengetahuan kami sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Lebak, desa bisa mengalokasikan anggaran operasional maksimal Rp 400,” ujarnya.

Ketidakjelasan pendistribusian Rastra salah satunya soal biaya operasional, lanjut Adang, menyebabkan RT disejumlah desa membagikan tidak sesuai ketentuan, KPM tidak menerima beras seperti diamanatkan dalam ketentuan yakni 10 kilogram karena dibagi rata dan mereka yang menerima baik yang tercantum dalam KPM maupun tidak memberikan kebijakan per liter Rp 1.000.

”Parahnya lagi ada oknum kepala desa (Kades) di Kecamatan Malingping yang dengan tega menerima setoran uang yang dikumpulkan dari penerima Rastra. Hasil wawancara kami dengan salah satu RT uang yang berhasil dihimpun dari warga itu dibagi kepada salah satu oknum kades sebesar Rp 380.000. Sementara RT yang mengumpulkan hanya sebesar Rp 90.000,” tuturnya.

Ia akan segera menindaklanjutinya ke aparat penegak hukum.
Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Ekbang Sos pada kantor Kecamatan Malingping, Hendi Suhendi mengatakan, pihaknya sudah berulang kali menyampaikan kepada para kades agar menyalurkan Rastra sesuai ketentuan yakni disalurkan kepada KPM dan tanpa biaya alias gratis. (DH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here