Nyaris Hilang Ditelan Ombak Sawarna, 2 Wisatawan Diselamatkan Tim Balawisata

Sejumlah anggota Balawisata sedang berusaha membawa seorang wisatawan asal Bekasi yang sempat terseret arus Pantai Muara Genteng, Sawarna, Bayah, Ahad (8/102017).*

LEBAK, (KB).- Dua orang wisatawan, Dika dan Aldi nyaris hilang ditelan ombak Pantai Pasir Putih betulan Muara Genteng Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Ahad (8/10/2017) sekitar pukul 10.40. Beruntung kedua wisatawan berasal dari daerah Bekasi Jawa Barat (Jabar) yang menginap di warung sekitar pantai tersebut berhasil diselamatkan oleh anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawisata) Kabupaten Lebak sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Menurut informasi, keganasan pantai Baksel nyaris kembali menelan korban jiwa. Dua orang wisatawan asal Bekasi nyaris ditelan ombak Pantai Muara Genteng Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Ahad sekitar pukul 10.40. Ikhwal peristiwa itu bermula ketika sejumlah wisatawan dari Bekasi sedang asyik berenang di Pantai Muara Genteng yang ketika itu arusnya deras.

Ketika sedang asyik berenang, dua orang wisatawan terseret. Aldi terseret ke tengah hingga 30 meter, sementara Dika terseret lebih jauh. Beruntung kejadian yang dialami kedua wisatawan tersebut terpantau sejumlah anggota Balawisata yang sejak pagi melakukan pemantauan di pos jaga berjarak puluhan meter. Berkat kesigapan kedua anggota lifeguard yakni Kocam dan Mboh, kedua wisatawan itu berhasil diselamatkan dan langsung membawa Dika dan Aldi ke pesisir pantai.

”Ya benar, pagi tadi (Ahad) sekitar pukul 10.40 dua wisatawan dari Bekasi ada yang terseret. Alhamdulillah tidak sampai menelan korban jiwa. Kedua orang itu berhasil diselamatkan oleh anggota balawisata yang sedang siaga memantau,” ujar koordinator Balawisata Kabupaten Lebak, AM Erwin KS. Dikatakan Erwin, kedua wisatawan yang terseret itu merupakan tamu yang menginap di warung sekitar pantai tersebut. ”Sebelumnya kami selalu mengingatkan para pengunjung agar tetap waspada dan hati-hati ketika mau berenang namun tetap saja imbauan kami tak digubris,” ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Lebak tersebut.

Menurut Erwin, kecelakaan laut di wilayah Pantai Baksel sering terjadi. Kepada pengelola maupun pihak terkait agar menempatkan penjaga pantai sebagai upaya untuk meminimalisasi korban.
”Kami mengimbau kepada pengelola atau pihak terkait agar kawasan pantai yang dikelola wisata pantainya dan ada aktivitas berenang agar disediakan penjaga pantai. Hal itu untuk meminimalisasi korban akibat kecelakaan laut yang sering terjadi di pantai di wilayah Baksel,” tutur pria yang akrab disapa Aa ini. (DH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here