“Ngamumule” Seni Budaya, Jadi Tradisi Warga Situraja

SUMEDANG, (KB).- Pemahaman akan seni dan budaya tradisional harus terus ditanamkan di masyarakat. Di Desa Situraja, Kecamatan Situraja, rutinitas pelestarian seni dan budaya tradisional menjadi kalender tersendiri. Kades Situraja, Undang Juhanda menyebutkan, masyarakat Situraja masih antusias lestarikan seni budaya. Sejumlah even seni dan budaya kerap kali digelar. Termasuk acara utama setiap tahunnya, yakni “Ngarumat Jagat”.

“Masyarakat, kami ajak untuk peduli keberadaan seni dan tradisi tradisional. Kami ditunjang oleh keberadaan sanggar dan para seniman yang tetap konsisten melestarikan seni budaya,” ujar Undang, saat acara Ngarumat Jagat, Rabu (27/9/2017). Bagi masyarakat Situraja, prosesi ngarumat jagat adalah sebuah kegiatan yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya.

Acara ini juga dijadikan ajang silaturahmi akbar masyarakat desa baik yang tinggal di kampung maupun yang merantau ke kota. Dia menyebutkan, tema yang diambil tahun ini dari kegiatan tersebut adalah “puncak manik”. Setiap kegiatan ngarumat jagat yang menjadi tema selalu yang berhubungan dengan pertanian atau sawah, sebab dia menilai bahwa jati diri masyarakat Situraja itu tidak lepas dari sawah, begitupun mayoritas pekerjaannya sebagian besar merupakan petani.

Undang menegaskan, meski dikalangan masyarakatnya seni budaya tradisional itu masih terbilang kental, tetap saja upaya untuk mempertahankan dan menularkannya kepada generasi muda harus dilakukan. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya pelemahan kepedulian masyarakat terhadap seni tradisional.

“Nah, justru kegiatan ngarumat jagat yang menampilkan seni dan budaya tradisional, inti tujuannya agar rasa kepedulian masyarakat tidak pudar terhadap seni tersebut, apalagi saat ini banyak kesenian dan budaya dari luar yang masuk,” katanya lagi. Dalam acara itu, pihak desa juga mengundang sejumlah elemen pendidikan seperti dari mahasiswa STKIP 11 April Sumedang dan mahasiswa ISBI Bandung serta tokoh-tokoh seni budaya tradisional. (Nanang Sutisna/KAPOL)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here