Nelayan Diusulkan Dapat Subsidi Permodalan

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mengusulkan, agar nelayan mendapatkan bantuan permodalan dari Pemkot Cilegon.

Usulan tersebut, agar mekanisme bantuan permodalan, dimasukkan ke dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan.

Usulan tersebut diungkapkan dalam Paripurna Tanggapan Wali Kota atas Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Cilegon, Selasa (4/2/2020).

Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati mengatakan, pihaknya memberikan masukan mengenai mekanisme pembiayaan atau permodalan melalui kemitraan pemerintah daerah dan perbankan bagi nelayan dan pembudi daya ikan.

“Ini menurut kami, cukup penting, karena keterbatasan modal juga menjadi tantangan yang perlu dihadapi,” katanya yang saat itu mewakili Wali Kota Cilegon Edi Ariadi.

Baca Juga : DPRD Kota Cilegon Garap Raperda Perlindungan Nelayan

Ia menuturkan, usulan Raperda tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam. Pada UU tersebut, pemerintah daerah mendapat kewenangan untuk membuat kebijakan pro nelayan.

“Ini agar nelayan dan pembudi daya ikan dapat meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Efendi siap menampung masukan dari eksekutif. Namun begitu, pihaknya akan terlebih dahulu melihat kemampuan anggaran.

“Ini pun harus ada dasar hukumnya,” tuturnya.

Ia menuturkan, pembahasan Perda akan tuntas dalam waktu satu bulan. Pihaknya juga akan mengundang nelayan untuk menjalani rapat dengar pendapat. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here