NEGARA DAN CORONA

Oleh : Wawan Wahyuddin

Setelah pihak WHO mengumumkan bahwa virus corona masuk kategori pandemi yang penyebarannya bersifat global dan diikuti kebijakan di negara masing masing ternyata berdampak luas menerabas dunia politik ekonomi pendidikan sosial budaya dan bahkan agama.

Mengamati situasi yang terjadi kehadiran negara sekurang kurang nya bisa masuk melalui seruan surat al quraisy yang mengisyaratkan hadirnya negara dalam 3 hal. Ketiga hal tersebut urusan ibadah, urusan kesejahteraan rakyat dan urusan keamanan.

Urusan ibadah seluruh rakyat indonesia hendaknya mengikuti anjuran saran pemeriintah baik di pusat maupun di daerah serta mentaati fatwa yg dikeluarkan oleh pihak lembaga keagamaan. Bagi mereka yang beragama Islam sudah barang tentu mentaati fatwa yang dikeluarkan MUI.

Untuk kesejahteraan ngara mesti hadir menyelamatkan rakyatnya dari keterpurukan ekonomi dan kelaparan.

الذي اطعمهم من جوع

Antara lain dengan saling bantu selain dari APBN APBD mungkin bisa disiasati dari sitaan pihak KPK yang telah ditetapkan secara hukum bisa diberikan ke rakyat yang mmbutuhkan juga kas DKM serta BAZNAS dan CSR serta mari kita galang donasi gerakan infak wakaf sodaqoh untuk membantu sesama anak bangsa yang terdampak dari corona ini sehingga terhindar dari kelaparan.

Selain itu bisa dalam bentuk regulasi pembebasan biaya listrik air dan biaya tol dan sandang pangan.

Saatnya setiap desa bahkan RT RW bersiap siaga antsipasi data warganya yg kesulitan makan akibat terpuruknya kegitan yg berdampak perekonomian akibat virus corona. Wallahu a lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here