Natal dan Tahun Baru, Tarif Bus DAMRI Tetap Normal

SERANG, (KB).- Pihak Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) cabang Serang memastikan tarif angkutan pada Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 nanti tetap normal. Bahkan, untuk mengoptimalkan pelayanan akan dilakukan penambahan armada dan personel.

“Tidak ada kenaikan, tarif tetap normal, baik angkutan perintis, Antar Kota Antar Daerah (AKDP), maupun komersil,” kata General Manager Perum DAMRI Serang, Suhendra, Senin (10/12/2018).

Menurutnya, DAMRI tidak sama dengan jasa angkutan bus umum lainnya yang bisa mudah menaikkan tarif. DAMRI dalam penetapan kenaikan tarif, ada proses dan prosedur yang harus dilakukan sebelum menaikkan tarif angkutan. “Karena ini kan angkutan milik Pemerintah Indonesia. Jadi tidak bisa sembarangan, harus ada tahapannya,” katanya.

Jika pun ada kenaikan, kata dia, itu harus ada izin dari kementerian dan pemerintah daerah. Kenaikan pun hanya sekitar Rp 5.000 dari sebelumnya. Misalnya, dari Rp 60.000 naik menjadi Rp 65.000. “Itu juga untuk menutupi ongkos BBM (bahan bakar minyak) bus,” ucapnya.

Manajer Usaha Perum DAMRI cabang Serang, Kosasih menambahkan, memasuki bulan Desember pihaknya terus melakukan persiapan untuk menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Persiapan itu salah satunya dengan mempersiapkan armada DAMRI sekaligus para personel lapangan agar tetap prima dalam melayani penumpangnya.

“Kami rutin melakukan check and richeck untuk kesiapan armada DAMRI, kemudian surat-surat kendaraan, dan juga personel lapangan serta staf di kantor agar selalu siap dalam memberikan layanan kepada pelanggan atau penumpang DAMRI,” tuturnya.

Namun, sambung dia, untuk penambahan armada masih tetap dan tidak ada armada tambahan, yaitu masih menyiapkan sekitar 10 unit bus perintis, AKDP 5 unit. “Pandeglang itu ada 3 unit, jadi totalnya ada 18 unit DAMRI yang beroperasi setiap harinya. Time table-nya pun tetap sama, tidak ada perubahan,” katanya.

Persiapan armada dan seluruh staf Perum DAMRI dilakukan, karena jumlah penumpang yang akan naik bus DAMRI ke berbagai jurusan tidak terduga. “Yang terpenting adalah, armada diselesaikan baik dan siap untuk melaksanakan kegiatan nasional ini,” katanya.

Kosasih juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya para staf Perum DAMRI Cabang Serang untuk turut serta menyukseskan acara rutin tahunan natal dan tahun baru. “Perum DAMRI Kantor Cabang Serang menyiapkan armada lebih prima dalam menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” tuturnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here