Sabtu, 17 November 2018

Nakhoda Kapal Ditemukan Tewas

LEBAK, (KB).- Nakhoda kapal Tug Boat Alfin Marine 20 yang jatuh ke laut setelah terpeleset, Bayan Duma (39) akhirnya ditemukan tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP) yakni Temporary Jeti Terminal Khusus (Tersus) PT Cemindo Gemilang. Saat ditemukan, Ahad (14/1/ 2018) sekitar pukul 23.00, korban yang mengalami kecelakaan sehabis sarapan tersebut dalam kondisi terapung dan sudah tidak bernyawa.

Koordinator Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Lebak, AM Erwin KS yang turut serta dalam pencarian bersama tim mengatakan, pencarian yang dilakukan tim di antaranya Badan SAR Nasional (Basarnas),TNI, jajaran kepolisian sektor (Polsek) Bayah, Polair, TNI dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) akhirnya membuahkan hasil.

”Alhamdulillah, setelah melalui berbagai upaya baik dengan melakukan penyisiran ke pesisir dan ke tengah laut bahkan penyelaman oleh tim pencarian, akhirnya korban berhasil ditemukan terapung tidak jauh dari tersus PT CG,” ujar Erwin kepada Kabar Banten, Senin (15/1/2018).

Kapolsek Bayah, AKP Sadimun kepada sejumlah wartawan melalui WhatsApp, membenarkan, setelah dievakuasi jasa TAB Alfin Marine dilarikan ke RSUD Serang untuk kepentingan visum dan autopsi.
”Korban ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa sekitar pukul 23.00 tidak jauh dari area TKP korban pada saat terpeleset,” katanya.

Sadimun menuturkan, pihaknya mengapresiasi upaya pencarian yang dilakukan tim di antaranya Basarnas, TNI, Tagana dan Balawista sehingga korban ditemukan dalam waktu yang relatif cepat.
Sebelumnya diberitakan, seorang awak kapal Tug Boat (TB) Alpine Marine 20, Bayan Duma (39) terjatuh ke laut di temporary jeti perairan laut Bayah Kabupaten Lebak Jumat pekan kemarin sekitar pukul 08.15.

Menurut informasi, kecelakaan laut (Laka laut) terjadi di Perairan Lebak Selatan (Baksel) tepatnya di Perairan Bayah, Jumat (12/1/2018) sekitar pukul 08.00. Peristiwa nahas yang dialami salah seorang ABK kapal TB itu bermula korban yang bertugas sebagai nakhoda 2 itu jatuh ke laut saat hendak meloncat ke Kapal Tongkang BG Nautica yang ditarik kapal tug boat TB Alpine. Namun, nahas korban yang berpangkat kapten kapal itu terpeleset dan jatuh ke laut.

Sebelumnya korban sempat terombang-ambing di laut hingga akhirnya tenggelam ke dasar laut. Mengetahui kejadian itu, kru kapal berupaya melakukan pertolongan. Namun karena besarnya ombak upaya pertolongan tidak membuahkan hasil. Upaya pencarian yang dilakukan Basarnas, Balawista, dan Tagana sempat dihentikan akibat cuaca buruk, hingga akhirnya korban ditemukan dalam keadaan tak bernyawa dua hari pascakejadian. (DH)***


Sekilas Info

Bantuan Non Tunai, Bukti Kepedulian pada Lansia dan Disabilitas

SEJAK beberapa tahun belakangan ini, pemerintah meluncurkan berbagai program untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *