Naik Haji, ASN Dapat Kadedeuh dari Korpri

Sebanyak 71 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Cilegon yang berangkat haji pada tahun ini, mendapat “uang kadeudeuh” dari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Kadeudeuh yang bersumber dari dana iuran anggota Korpri itu, diserahkan Ketua Korpri sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Sari Suryati di aula Setda II Pemkot Cilegon, Rabu (17/7/2019).

Menurut Ketua Korpri Kota CIlegon, Sari Suryati, seluruh calon jemaah haji, terutama ASN untuk terus berpegang teguh dalam mengembangkan sikap sabar. Selain itu, juga saling tolong menolong sesama jamaah haji, khususnya jamaah haji Kota Cilegon.

“Saya mengingatkan kepada para calon Jamaah haji untuk terus berhati-hati dalam menunaikan ibadah haji, karena akan mengalami berbagai macam tantangan. untuk itu, perlu mengembangkan sikap sabar dan saling tolong menolong sesama jamaah haji,” katanya.

Dia mengatakan, kepada para anggota Korpri yang akan berangkat haji agar terus berdoa untuk Kota Cilegon supaya senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.Karena,kata dia,doa adalah obat yang paling mujarab dan kewajiban sebagai seorang muslim.

“Saya mohon kepada jemaah haji. Selain berdoa untuk diri sendiri dan keluarga, juga mendoakan agar Kota Cilegon tercinta ini senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, agar kota ini terbebas dari bencana. Mengingat, doanya para jamaah haji sangat mustajabah,” ujarnya.

Meski antrean haji yang semakin tahun semakin panjang, namun calon jemaah harus tetap mengikuti aturan. Jangan sampai, pakai cara yang ilegal seperti berangkat dari negara lain hingga melanggar paspor dan dokumen-dokemen lain.

“Kami sangat memahami mengapa antrean haji begitu panjang. Salah satunya adalah karena ibadah haji merupakan ibadah yang sangat istimewa di sisi Allah SWT. Untuk itu, kepada para jamaah haji yang tahun ini sudah mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekertaris Korpri Kota Cilegon Wawan Dahlan, mengatakan, jumlah calon jemaah haji anggota Korpri tahun ini mencapai 71 ASN yang didominasi dari Dinas Pendidikan. Bantuan yang diberikan oleh Korpri Kota Cilegon sebesar Rp 750.000 per jamaah. Jumlah tersebut, meningkat sekitar 250 ribu dari dua tahun sebelumnya yang hanya Rp.500.000.

“Bantuan ini sebagai bentuk perhatian kepada para anggota Korpri Cilegon kepada para anggotanya. Adapun sumber dana bantuan tersebut berasal dari iuran anggota yang disetorkan setiap bulannya, dan tidak bersumber dari APBD,” ucapnya.

Wawan mengatakan, bukan saja ASN yang naik haji mendapatkan kadeudeuh. Akan tetapi, anggota Korpri yang telah pensiun juga mendapatkan dan nilainya naik 100 persen.” “Kalau dulu uang pensiun sebesar Rp 1,5 juta, sekarang bertambah menjadi Rp 3 juta atau naik 100 persen,” ucapnya. (Himawan Sutanto)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here