Naik Dua Kali Lipat, Anggaran PBI BPJS Kesehatan Kota Serang Capai Rp 22 Miliar

SERANG, (KB).- Anggaran untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan di Kota Serang mengalami kenaikan mencapai dua kali lipat mencapai Rp 22 miliar. Hal tersebut, karena adanya kebijakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan, sehingga mengakibatkan penambahan anggaran untuk PBI.

Hal tersebut sekaligus memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang tidak akan mengurangi jumlah PBI BPJS Kota Serang. Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, tahun ini penerima PBI Kota Serang sebanyak 42.000 jiwa dengan anggaran sekitar Rp 11 miliar. Akibat kenaikan iuran BPJS sebanyak dua kali lipat, maka anggaran PBI juga akan dinaikkan.

“Kalau mengurangi anggota BPJS kayaknya tidak mungkin. Kurang lebih (kenaikannya) mencapai Rp 22 miliar,” katanya, Kamis (14/11/2019).

Ia menuturkan, kebijakan Pemerintah Pusat dalam menaikkan iuran BPJS bagi semua pelanggannya termasuk penerima PBI, sangat memberatkan pemerintah daerah. Namun, pemerintah daerah harus tetap mengikuti kebijakan di atasnya.

“Saya kira kalau bicara berat ya berat, akan tetapi ini kan keputusan pusat,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Serang Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Dari informasi yang beredar, ucap dia, saat ini DPR RI sedang berjuang, agar kenaikan iuran BPJS hanya bagi yang umum saja. Ia berharap, perjuangan itu bisa menghasilkan dan membuat pemerintah daerah tidak diberatkan.

“Masih ada perjuangan-perjuangan terutama dari dewan pusat yang menginginkan tidak ada kenaikan. Hanya memang belum final,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota DPRD Kota Serang dari Fraksi PKS keberatan atas kebijakan kenaikan iuran BPJS untuk penerima PBI, sehingga meminta Pemkot Serang untuk menolak kenaikan tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Wachyu B Kristiawan mengatakan, untuk pergeseran penambahan anggaran PBI bisa dilakukan di APBD 2020. “Pergeserannya bisa dilakukan dengan berbagai cara, bergantung strateginya,” tuturnya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here