Minggu, 18 November 2018

Musim Kemarau Lebih Panjang

SERANG, (KB).- Badan Meteoreologi Klimatologi dan Grofisika (BMKG) kelas 1 Serang menyatakan secara keseluruhan Banten mengalami musim kemarau lebih panjang. Hal itu menyusul mundurnya pergantian musim dari prakiraan awal BMKG.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG klas 1 Serang, Tarjono mengatakan, BMKG membagi 8 zona musim (ZOM). Zona musim tersebut, kata dia, tidak sama dengan wilayah administratif kabupaten/kota.

“Dari ke 8 ZOM tersebut ada 6 ZOM yang awal musim penghujannya mundur dari normalnya, oleh karna itu otomatis daerah Banten hampir secara keseluruhan hari tanpa hujannya menjadi lebih panjang/ banyak,” kata Tarjono kepada Kabar Banten, Kamis (18/10/2018).

Menurutnya, zona musim tersebut di antaranya pertama Pandeglang dan Lebak bagian barat, kedua Pandeglang bagian utara dan Serang bagian barat daya, ketiga Serang bagian selatan, Pandeglang bagian timur laut, keempat Kota Cilegon, Kota Serang, Serang bagian timur, Tangerang bagian tengah, Kota Tangerang.

Kemudian, kelima Serang bagian timur laut, Tangerang bagian utara, keenam Kabupten/Kota Tangerang bagian selatan, Serang bagian tenggara, Lebak, ketujuh Lebak bagian tengah dan terakhir Lebak bagian selatan.

“Contohnya ZOM dengan kode 55 (Pandeglang dan Lebak bagian barat) normalnya bulan Oktober dasarian ke II harusnya sudah masuk musim hujan, tetapi di tahun 2018 ini masuk musim hujannya pada Oktober dasarian ke III artinya mundur 1 dasarian,” ucapnya.

Ia menuturkan, dari 6 ZOM yang mengalami kemunduran terdapat yang selisihnya 1 dasarian hingga 3 dasarian. Sehingga untuk daerah Banten secara keseluruhan mengalami kemunduran masuk musim penghujan. “Begitu juga dengan ZOM yang lain yang mundur dari normalnya, tiap ZOM beda-beda masuk musim penghujannya,” ujarnya. (Masykur)*


Sekilas Info

Kegiatan Reses Dewan Diawasi

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten menerjunkan petugas untuk mengawasi kegiatan reses, kegiatan tersebut rawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *