Murid SDN 1 Sajira Masih Belajar di Tenda Darurat

MURID SDN 1 di Kecamatan Sajira harus belajar di tenda darurat akibat sekolah rusak.*

LEBAK, (KB).- Murid SDN 1 Sajira di Kampung Sajira Barat, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak masih belajar di tenda darurat. Sebab, akses jalan penghubung yang aman untuk menyeberangi Sungai Ciberang belum tersedia.

“Murid SDN 1 Sajira belajar di tenda darurat karena akses sekolah terputus setelah jembatan permanen yang menghubungkan antara desa dan kecamatan putus diterjang banjir bandang awal tahun ini,” kata Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Abdul Waseh, Kamis (23/1/2020).

Waseh mengatakan, kegiatan KBM di tenda darurat bersifat sementara karena belum tersedianya akses jalan penghubung yang aman untuk menyeberangi Sungai Ciberang.

“Jadi proses KBM dilangsungkan di tenda darurat meski demikian proses KBM yang dilaksanakan berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lebak Wawan Ruswandi menuturkan, jumlah SD yang terkena dampak bencana sebanyak enam sekolah.

“SDN 2 Banjaririgasi, delapan ruang hanyut. Solusi KBM sementara di MI dan majelis taklim,” ucapnya.

Di SDN 1 Banjaririgasi, kata dia, kantin, pagar belakang dan taman sekolah rusak berat. Lalu SDN 2 Ciladaeun, empat kelas ambles.

“SDN 1 Banjarsari longsor tidak bisa ditempati, siswanya ada di pengungsian, SDN 1 Mayak, Curugbitung, proses belajar sudah normal, dan SDN 1 Lebaksangka, sekolah terisolasi dan siswa mengungsi tersebar dan belajar dititipkan di beberapa sekolah karena kondisi tekstur tanah rawan longsor,” tuturnya.

Wawan mengatakan, SMP yang terkena dampak ada tiga sekolah. Yaitu SMPN 1 Lebak Gedong sebanyak lima ruang kena longsor, SMPN 2 Lebak Gedong, dan SMPN 4 Lebak Gedong sebanyak 6 ruang kelas, 1 ruang kantor, ruang guru, toilet, 1 ruang perpustakaan.

“Untuk SMPN 4 Lebak Gedong nilai kerugian sebesar Rp 2,5 miliar berdasar hasil rekapitulasi sementara. Sekolah lain masih penghitungan termasuk 8 sekolah PAUD,” katanya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here