Mundur dari Polisi, Awab Mantap Nyalon Wali Kota pada Pilkada Kota Cilegon 2020

H Awab.*

CILEGON, (KB).- Keseriusan Awab untuk ikut dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020 semakin mantap. Mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas Kepolisian Resor (Polres) Cilegon berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) tersebut, resmi bergelar purnawirawan setelah Polres Cilegon melakukan pelepasan pada Selasa (31/12/2019).

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, Awab telah mendapatkan Surat Keputusan Pensiun sejak Selasa (17/12/2019). Alasan kemunduran Awab untuk maju pada kontestasi politik pada Pilkada Cilegon 2020.

“SK pensiunnya sudah turun dari Polda Banten sejak Selasa (17/12/2019). Itu ditandatangani pak kapolda. Tapi, pelepasannya baru kami lakukan sekarang,” katanya saat ditemui di sela-sela prosesi penghargaan kenaikan pangkat di Lapangan Upacara Polres Cilegon, Selasa (31/12/2019).

Kapolres Cilegon memberikan apresiasi terhadap dedikasi Awab selama mengabdi di Polres Cilegon. Awab yang juga pernah menjabat Kasat Intel Polres Cilegon ini, lanjut dia, memiliki track record bagus di setiap jabatannya.

“Pak Awab punya track record bagus, makanya kami bermaksud memberikan penghargaan atas pengabdiannya selama ini. Sayangnya yang bersangkutan tidak bisa hadir, karena alasan kesehatan,” ujarnya.

Bicara tentang karier Awab yang berpindah haluan ke panggung politik, dia menuturkan, hal tersebut adalah hak Awab sebagai warga negara Indonesia. “Itu hak prerogatif pak Awab, siapa pun kan boleh untuk mencalonkan diri,” ucapnya.

Bicara upaya pengalaman pilkada nanti, dia mengatakan, akan melipatgandakan pengawas dan pengalaman. “Pada dasarnya pengalaman pilkada akan sama dengan pilpres dan pileg. Hanya saja ditambah dua kali lipat, karena potensi ketegangannya kan jauh lebih tinggi,” tuturnya.

Terkait hal tersebut, AKP (Purnawirawan) Awab saat dihubungi oleh Kabar Banten tidak bisa dimintai komentar.

Sementara, Edi Supandi inisiator relawan Aliansi Masyarakat Pecinta Awab menuturkan, pengunduran diri Awab dari kepolisian semata-mata dalam rangka menaati Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Ia mengatakan, saat ini Awab masih fokus dalam penjaringan sejumlah partai. “Prinsipnya kami tetap mengikuti alur atau tahapan yang berlaku baik aturan partai dan KPU. Saat ini, kami masih fokus pada penjaringan di parpol. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here