Mumu Sarankan Restrukturisasi KS Dengan Mutasi, Bukan PHK

H. Ali Mujahidin, S.HI, Ketua Umum PB Al-Khairiyah.*

CILEGON, (KB).- Agenda restrukturisasi karyawan organik PT Krakatau Steel (KS) mendapat respons dari Ketua Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah Ali Mujahidin.

Mumu, panggilan akrab Ali Mujahidin, menyarankan restrukturisasi karyawan pada tubuh PT KS induk dilakukan dengan mutasi ke anak-anak perusahaan, bukan dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Diketahui, PT KS tengah melakukan restrukturisasi karyawan organik. Perusahaan tersebut akan mengurangi jumlah karyawan di PT KS induk hingga 30 persen dari total karyawan saat ini.

Menurut Mumu, restrukturisasi dengan PHK perlu dikaji. Lantaran ada aspek kemanusiaan yang akan menjadi dampak, jika jalan PHK yang akan dilakukan PT KS dalam hal efisiensi karyawan.

“Dampak pemberhentian tenaga kerja sangat besar, terutama pada kondusifitas daerah. Sebab wacana restrukturisasi karyawan ini perlu sangat dipertimbangkan aspek kemanusiaan,” kata Mumu saat ditemui di Rumah Makan Pelipur Lapar, Rabu (26/6/2019).

Dia mengatakan, PT KS secara finansial memang tengah dalam kondisi buruk. Langkah restrukturisasi karyawan ia nilai wajar, namun bukan berarti keputusan tersebut harus menimbulkan korban.

“Saya sarankan kepada PT KS, anak dan cucu perusahaan PT KS beserta vendor- vendor diajak bicara. Minimal 1.300 karyawan yang akan terkena restrukturisasi ini ada yang disalurkan kepada anak perusahaan. Begitu pula buruh vendor yang mempunyai kontrak dengan KS, sehingga permasalahan bisa terurai,” ujar Mumu.(AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here