Mulai Tahun Depan, Penerapan Tunjangan Kinerja Bertahap

SERANG, (KB).- Penerapan pemberian tunjangan kinerja (Tukin) bagi aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah kabupaten (Pemkab) Serang direncanakan akan diberlakukan secara bertahap pada 2018. Untuk tahap pertama, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) berencana menerapkan tukin di 10 organisasi perangkat daerah (OPD).

“Pengennya sih semua OPD langsung diterapkan, tapi minimal tahap pertama 10 OPD saja dulu, belum ditentukan OPD-nya mana saja. Tapi target kami, ditahap berikutnya nanti semua OPD. Mungkin di tahap pertama kecamatan belum, tapi nanti kalau dinas badan semua,” kata Kepala BKPSDM Pemkab Serang Tb. Entus Mahmud Sahiri, Ahad (29/10/2017).

Ia mengatakan, saat ini untuk penerapan Tukin yang belum siap yaitu analisis beban kerja dan analisis jabatan (ABK dan Anjab). Meski demikian, penerapan Tukin sudah menjadi rencana aksi sesuai arahan KPK.

“Ini arahan dari tim monitoring KPK, dan jadi rencana aksi di kabupaten. Selain itu, memang di dalam pasal 80 Undang-Undang Nomor 5 2014 tentang ASN juga jelas yang dikenal itu tunjangan kinerja dan kemahalan,” ujarnya.  Jika tukin diberikan sesuai prestasi kerja, sementara tunjangan kemahalan bergantung lokasi tugas ASN. (YY)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here