Mulai Juli 2020, KK dan Akta Lahir Kabupaten Serang Dicetak Pakai HVS

SERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang akan menganti blangko kartu keluarga (KK) dan aktakelahiran menjadi kertas HVS mulai Juli 2020. Hal tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Serang Hanafi menjelaskan, sesuai dengan Permendagri tersebut, per Juli 2020 jenis bahan untuk mencetak dokumen kependudukan, yaitu KK dan akta kelahiran bukan lagi blangko, melainkan menggunakan kertas HVS.

“Jadi, mulai Juli 2020 cetak KK dan akta kelahiran bukan lagi berbahan kertas yang digunakan saat ini,” katanya kepada Kabar Banten, Sabtu (21/3/2020).

Ia menuturkan, untuk ukuran kertas HVS yang digunakan, yakni berukuran A4 dengan berat sekitar 80 gram. Hal tersebut, sesuai dengan prosedur yang diinstruksikan oleh Pemerintah Pusat untuk penerapan pencetakan dokumen kependudukan tersebut.

“Ini sudah sesuai dengan yang diminta dari pusatnya seperti itu,” ujarnya.

Digantinya bahan kertas kedua dokumen kependudukan tersebut, menurut dia, untuk melakukan efisiensi. Tak hanya itu, untuk mengantisipasi adanya pemalsuan dokumen, nantinya di dalam KK dan akta kelahiran tersebut akan diberikan kode batang (barcode), sehingga warga tidak lagi meminta untuk melakukan legalisir untuk keperluan tertentu, sebab sudah ada barcode.

“Jadi, sesuai Permendagri Nomor 102 Tahun 2019 tentang tidak adanya lagi legalisir, karena di sana sudah ada barcode,” ucapnya.

Sebab, biasanya legalisir KK diminta dari pihak perbankan. Saat ini juga Disdukcapil Kabupaten Serang akan melakukan sosialisasi kepada semua pihak termasuk masyarakat terkait pergantian jenis kertas tersebut. Sosialisasi akan dimulai dengan jadwal yang nantinya akan ditentukan.

“Nanti kami akan lakukan sosialisasi juga kepada perbankan dan pihak lain. Termasuk masyarakat, agar mengetahui ini, tapi jadwal sosialisasi nanti akan kami tentukan,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here