MUI Lebak: Masyarakat Jangan Golput

LEBAK, (KB).- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lebak mengajak masyarakat agar berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) April 2019.

“Kita minta umat muslim menggunakan hak pilihnya pada Pileg dan Pemilu nanti. Karena, mereka memiliki kewajiban untuk menentukan legimitasi pemimpin formal, baik di legislatif maupun eksekutif. Sehingga diharapkan jangan sampai tidak menggunakan hak pilihnya atau golput,” kata Sekretaris Umum MUI Lebak KH. Akhmad Khudori kepada Kabar Banten, Jumat (15/2/2019).

Menurut dia, jika umat muslim golput, tentu akan merugi. Sebab, tidak memberikan hak suara untuk menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan. Sehingga, harus menggunakan hak pilihnya pada Pileg dan Pilpres sesuai hati nurani.

“Perbuatan golput tentu mencerminkan seseorang tidak memiliki tanggung jawab untuk kemajuan bangsa itu. Sedangkan Islam sendiri hidup untuk memiliki tanggung jawab,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya meminta umat memilih pemimpin yang memiliki sumber daya manusia (SDM), rekam jejak yang baik dan tidak melakukan korupsi. Selain itu juga memiliki integritas untuk membangun kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

“Kita berharap calon wakil rakyat dan presiden yang terpilih nanti benar-benar bisa membawa kehidupan yang lebih baik untuk mewujudkan kesejahteraan,” tuturnya.

Ia mengatakan, penyelenggaraan pemilu juga masyarakat harus memiliki tanggung jawab untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawalu). Masyarakat juga berpartisipasi mengawasi dan mengawal proses pemilu agar berlangsung lancar dan sukses.

“Kami berharap pesta demokrasi ini secara profesional dan jujur serta adil tanpa terjadi kecurangan,” katanya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here