Senin, 21 Mei 2018

MUI Kabupaten Pandeglang Sosialisasikan Komisi Kajian & Fatwa

Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Pandeglang menggelar seminar dan sosialisasi komisi kajian, penelitian penetapan fatwa, di Aula MUI Pandeglang, Kamis (26/10/2017). Kegiatan yang diprakarsai Ketua MUI, KH. Hamdi Ma’ani dihadiri Sekda Pandeglang, Fery Hasanudin, dan utusan dari LP-POM Mathla’ul Anwar Banten. Kegiatan juga dihadiri 105 peserta dari pengurus MUI kabupaten dan kecamatan, utusan komisi kajian dan penelitian serta komisi fatwa.

Seusai acara, Ketua MUI Pandeglang, KH. Hamdi Ma’ani mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pemahaman terhadap pengurus MUI kecamatan tentang tata cara, mekanisme dan prosedur penetapan fatwa. Terutama dalam melakukan pengkajian, penelitian terhadap penetapan fatwa tentang halal produk-produk makanan. “Semuanya ada proses, pengkajian dan penelitian, agar keputusan fatwa yang diambil benar-benar memberikan manfaat bagi pelayanan masyarakat,” kata Hamdi.

Menurutnya, peran MUI tidak saja tentang pembinaan umat, namun juga memiliki peran memberikan pelayanan terhadap umat. Oleh karenanya, dia berharap para peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti seminar dan sosialisasi ini agar MUI benar-benar eksis melaksanakan program kerja. “Kajian dan penelitian tentu harus ilmiah. Karenanya harus memperhatikan aturan, dan mekanisme,” ucapnya.

Hamdi berharap para pengurus MUI di tingkat kecamatan harus meningkatkan kinerja dan tupoksinya. Sehingga kehadiran MUI benar-benar menjadi lembaga yang dapat membimbing dan membina umat.
Sementara itu, Sekda Pandeglang, Fery Hasanudin mengatakan, sosialisasi tentang komisi pengkajian, penelitian dan komisi fatwa sangat penting, karena manfaatnya untuk pelayanan umat.

“Terutama tentang kajian dan penelitian tentang fatwa halal produk makanan olahan. Untuk menetapkan fatwa itu tentu harus secara ilmiah. Karenanya,s aya menyambut baik program MUI, karena dalam sosialisasi ini melibatkan LP POM dari Unma Banten,” tuturnya. Selain berperan dalam bidang fatwa, kata dia, MUI mengemban tugas membina dan membimbing umat. Dengan begitu, peran MUI sangat membantu terhadap kemajuan pembangunan. “Saya apresiasi sosialisasi ini, dan ke depan kegiatan ini harus diagendakan rutin untuk memantapkan peran dan tupoksi MUI,” katanya. (TB. A. Turmahdi)***


Sekilas Info

5 Tahun Jalan Kadomas Rusak

PANDEGLANG, (KB).- Ruas jalan Kadomas, Kelurahan Kadomas, Kecamatan/Kabupaten Pandeglang sepanjang 2 kilometer kondisinya sangat memprihatinkan. Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *