Selasa, 11 Desember 2018

MUI Akan Gelar Seminar Ekonomi Syariah

SERANG, (KB).- Majelis Ulama Indonesia akan menyelenggarakan seminar pemberdayaan ekonomi umat, Rabu (21/11/2018. Kegiatan bertema “Mewujudkan Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Pemberdayaan Masyarakat Banten”, digelar di aula Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Banten.

Ketua panitia kegiatan, Ir. Hj. Egi Djanuiswati mengatakan, kegiatan tersebut akan menghadirkan sejumlah penceramah, antara lain Kelapa Perwakilan BI Banten, Kepala Kantor Regional1 OJK DKI Jakarta dan Banten, serta Dr. H. Rizqullah Thohuri. Seminar sehari akan dimoderatori Boyke Pribadi.

Dikatakan, materi yang akan dikaji pada seminar tersebut, pertama, peran perbankan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Kedua, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam perspektif budaya Banten. Ketiga, peran OJK dalam mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten. Keempat, optimalisasi lembaga keuangan syariah.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Banten, Boyke Pribadi, mengatakan seminar tersebut sangat strategis. Sebelumnya, Bank Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia sepakat berkolaborasi untuk memajukan pasar keuangan syariah di Indonesia. Dalam catatan BI, saat ini pasar keuangan syariah di Indonesia memiliki porsi hanya 5,17%.

Menurut dia, kinerja ekonomi dan keuangan syariah memperlihatkan pertumbuhan yang sangat pesat. Tahun 2015 volume industri halal global mencapai US$ 3,84 triliun. Diperkirakan, jumlah tersebut akan meningkat mencapai US$ 6,38 triliun pada tahun 2021. (KO)*


Sekilas Info

Penyertaan Modal Bank Banten Terancam Jadi Silpa

SERANG, (KB).- Penyertaan modal untuk PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten Tbk (Bank Banten) terancam menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *