Minggu, 19 Agustus 2018

Mudik Lebaran 2018, Pengoperasian Bus AKAP Terus Diawasi

LEBAK, (KB).- Menjelang arus Mudik Lebaran 2018, pihak Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak pada Kementerian Perhubungan kembali melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap seluruh bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang beroperasi di terminal tersebut.

Hal itu dilakukan karena pihak Kementerian Perhubungan khawatir bus AKAP yang telah dinyatakan tidak laik jalan tetap dioperasikan sebagai armada angkutan lebaran. Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak, Lina Darlina kepada wartawan mengatakan, dari hasil pemeriksaan sebelumnya, sebanyak 33 unit dari 118 bus AKAP dinyatakan tidak laik jalan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi agar 33 unit bus tersebut tidak dipaksakan untuk beroperasi, maka pihaknya kini akan melakukan pengawasan dan pengecekannya lagi. “Mulai hari ini, Selasa (5/6/2018) kami kembali memperketat pengawasan dan pengecekannya, agar 33 bus AKAP yang tidak laik jalan tidak dioperasikan kembali,” ujar Lina Darlina, Selasa (5/6/2018).

Ditegaskannya, selama libur Hari Raya Idulfitri, pihaknya tidak ingin ada kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialami bus angkutan umum. Maka dari itu, bagi puluhan bus AKAP yang dinyatakan laik jalanpun diminta untuk tetap dikontrol secara teliti oleh sopir atau oleh pihak perusahaan bus tersebut sebelum dioperasikan. “Jangan mentang-mentang telah resmi dinyatakan laik jalan, malah sopir atau pemilik busnya tidak kembali melakukan pengecekan terhadap kondisi bus nya,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Lebak, Sumardi menyatakan dukungannya terhadap Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak yang semakin memperketat pemeriksaan terhadap bus AKAP yang dioperasikan untuk angkutan lebaran. “Kami sangat berharap agar semua bus angkutan lebaran bisa menciptakan rasa nyaman dan aman kepada seluruh penumpangnya,” tutur Sumardi. (Lugay)*


Sekilas Info

Ribuan Lansia Dapat Bantuan Jaminan Hidup

USIA tua merupakan sebuah keniscayaan yang akan dialami oleh sebagian manusia yang diberikan usia panjang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *