Minggu, 19 Agustus 2018

MTQ XV PROVINSI BANTEN 2018

Pada hari Senin tanggal 16 sampai dengan 19 April 2018 akan digelar Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) VX tingkat Provinsi Banten berlokasi di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang.

MTQ VX 2018 mengsung tema utama: MTQ PROVINSI BANTEN MEWUJUDKAN INTERNALISASI NILAI-NILAI ALQURAN MENUJU MASYARAKAT BANTEN BEBAS BUTA AKSARA ALQURAN, BERKARAKTER DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”.

Dengan tema MTQ VX tersebut tentunya pelaksanaan MTQ Provinsi Banten yang secara berkala setiap tahun dilaksanakan sebagai ikhtiar mewujudkan visi dan misi Provinsi Banten yang berlogo “IMAN TAQWA” yang diimplementasikan dalam akhlakul karimah (akhlak mulia).

Ada sembilan cabang yang akan dimusabaqohkan melitpui: Cabang Tilawah dengan berbagai golongannya, Tahfidz (hafalan Alquran), Tafsir Alquran bahasa Indonesia dan Inggris, Syarhil Quran (Pidato penjelasan isi kandngan Alquran dipadu dengan tilawah), Fahmil Quran (cerdas cermat isi kandungan Alquran), Qiro’atul Qutub (pemahaman dan pengkajian kitab-kitab klasik), Khattil Quran atau kaligrafi Alquran (naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer), MMQ (kemampuan menulis dengan mengeksplorasi isi kandungan Alquran) dan cabang hafalan hadits.

Tujuan dan Makna MTQ
Dalam MTQ diperlombakan hal-hal yang berkatan dengan ajaran Islam, karena itu MTQ sebagai media atau wahana untuk syi’ar dan dakwah agama Islam, silaturahminya para santri qori- qori’ah, hafidz-hafidzoh, mufasir-mufasiroh khottot dan khottotoh, memperkokoh ukhwah Islamiah dan ukhwah insaniah serta membumikan Alquran menuju Banten Beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah serta menumbuhkembangkan tradisi Magrib Mengaji.

Venue MTQ
Sesuai jumlah cabang dan golongan yang dimusabaqohkan, untuk diketahui para peserta dan pengunjung ada sembilan venue yang disediakan yaitu: Halaman Masjid Raya Albantani untuk Tilawah Alquran golongan qiroat dan dewasa serta Musyabaqoh Sarhil Quran, aula II Mesjid Raya Albantani untuk Cabang Makalah Alquran ( MMQ), aula Pendopo Gubernur cabang tahfidz 10 sampai 20 juz, gedung MUI untuk tahfidz 30 juz dan tafsir Bahasa Arab, Balai Budaya Dindkbud untuk tafsir golongan Bahasa Ingris dan Indonesia, Gedung Aspirasi untuk Fahmil Quran, aula Masjid Raya untuk Khot Alquran/Kaligrafi, aula Kanwil Kementerian Agama untuk cabang Tilawah Cacat Netra dan Murottal.

Pasar Raya, Warung Amal dan Pameran
Untuk meyemarakkan pelaksanaan MTQ VX diadakan pameran hasil-hasil dan perkembangan pembangunan di Provinsi Banten dan pasar rakyat bersama kabupaten dan kota dikoordinasi Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag dan Biro Bina Perkonomian Provinsi Banten.

Produk UMKM yang diutamakan berbasis ekonomi Islam atau produk-produk untuk kegiatan ibadah bagi umat Islam seperti tasbih, jilbab dan sejenisnya. Pada setiap majlis atau venue disediakan warung amal dengan menyediakan makanan dan minuman gratis sebagai partisipasi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten, BUMD dan BUMN.

Selain itu juga di selasar Mesjid Raya Albantani tersedia pameran kaligrafi sebagai karya dari komunitas kaligrafi. Kepada warga Banten mari kita berduyun-duyun mengunjungi Musbaqoh Tilawatil Quran VX sebagai wujud partisipasi masyarakat Islam Banten dalam menyukseskan MTQ VX Tingkat Provinsi Banten 2018. (Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Ketua Pelaksana MTQ XV).*


Sekilas Info

Bisnis dan Muslim

Oleh: Nasuha Abu Bakar, MA Mendengar kata dan istilah “BISNIS” sebagian masyarakat pedesaan sering masa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *