Jumat, 22 Juni 2018

MTQ VIII Kota Serang, Kecamatan Kasemen Raih Juara Umum

SERANG, (KB).- Kecamatan Kasemen keluar sebagai juara umum pada ajang Musabaqoh Tilawatir Quran (MTQ) ke-8 Tingkat Kota Serang yang digelar Rabu hingga Jumat (14-16/2/2018), di Masjid Al Firdaus, Kecamatan Curug, Kota Serang. Sementara, juara dua diraih Kecamatan Walantaka dan Kecamatan Taktakan
di tempat ketiga.

“Sementara, juara pawai taaruf diraih Kecamatan Curug, kendaraan hias diraih Sekretariat Daerah (Setda) Kota Serang dan kafilah pawai favorit, yaitu Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang,” kata Asisten Daerah (Asda) II Kota Serang, Poppy Nopriadi kepada Kabar Banten, Jumat (16/2/2018).

Ia menuturkan, untuk tahun depan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang rencananya akan memilih Kecamatan Walantaka menjadi tuan rumah MTQ IX. Sementara, pada MTQ VIII di Kecamatan Curug, dia mengklaim, telah berjalan sukses menyedot perhatian masyarakat. Selain itu, antusiasnya sangat besar, hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya masyarakat Kota Serang.

“Seluruh elemen masyarakat juga ikut memeriahkan langsung acara kami, saat pembukaan hingga penutupan juga kami sangat mengapresiasi masyarakat yang datang jauh-jauh, seperti dari Walantaka, Taktakan, dan Kasemen,” ujarnya. Bedanya, dia menjelaskan, tahun sebelumnya pawai dilakukan di Alun-alun Kota Serang, tetapi tahun ini kami lakukan di Kecamatan Curug dengan melintasi KP3B Provinsi Banten.

“Pokoknya saya sangat mengapresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat, karena ini kan dalam rangka MTQ yang merefleksikan Kota Serang menuju Kota Serang Madani,” ucapnya.
Menurut dia, MTQ tersebut bukan sekadar agenda tahunan atau rutinitas, tetapi penyelenggaran MTQ tersebut diharapkan, agar Alquran bisa membumi, dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari, serta diamalkan.

Selain itu, lanjut dia, untuk dapat membumikan Alquran, adalah salah satunya melaksanakan kegiatan melalui MTQ. “Kedua kami juga menginginkan MTQ menjadi pencetak qari unggulan di Kota Serang dan memberikan prestasi di tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Kami selalu berharap seperti itu, ada sisi prestasi spiritualitasnya,” tuturnya. Sebelumnya, ribuan orang antusias mengikuti pawai taaruf dalam rangkaian MTQ VIII Kota Serang, pada Rabu (14/2/2018). Perlombaan pada MTQ VIII tersebut dibagi menjadi 10 cabang lomba di 11 arena.

Wali Kota Serang, Tubagus Haerul Jaman menuturkan, keterlibatan masyarakat dalam MTQ sangat penting, karena ajang tersebut memang untuk menggali potensi yang ada. “Selain itu, syiar Islam dalam MTQ juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan minat baca tulis Alquran. Jadikan baca tulis Alquran itu sebagai hobi. Jangan hobinya pegang gawai saja,” katanya.

Ia menuturkan, perhelatan MTQ tersebut dilakukan sesuai standar operasional dan tak ada peserta cabutan dari luar Kota Serang. “Dan tahun ini, Kota Serang menargetkan juara umum pada pergelaran MTQ Tingkat Provinsi Banten nanti,” ujarnya. Diketahui, bahwa Kecamatan Kasemen menjadi juara umum dengan perolehan nilai 136 diraih dari cabang Tilawah Alquran, Hifdzil Quran, Tafsil Alquran, Khatil Quran, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Qiroatul Kutub, M2IQ, dan Tahfidz Hadist. Sementara, Kecamatan Walantaka 99, Kecamatan Taktakan 62, Kecamatan Serang 46, Kecamatan Cipocok Jaya 41, dan Kecamatan Curug 19. (TM)***


Sekilas Info

Pemudik Asal Banten Kecelakaan di Tol Fungsional Batang-Pemalang, Wakil Kepsek MAN Cikeusal

SERANG, (KB).- Pemudik asal Provinsi Banten yang mengalami kecelakaan di tol fungsional Batang-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *