MTQ Provinsi Banten, Kabupaten Serang Siap Saingi Tangsel

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menargetkan dapat merebut juara umum atau menyaingi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) selaku juara bertahan sekaligus tuan rumah dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten XVII yang akan digelar Maret ini. Hal tersebut dikarenakan saat ini Pemkab Serang sedang gencar melakukan pembinaan terhadap para kafilah yang akan bertanding.

Asda II Setda Kabupaten Serang Adjat Gunawan mengatakan, ketua harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang baru termasuk sekretarisnya saat ini semangatnya sangat tinggi. Apalagi mereka merupakan mantan kafilah, sehingga telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Banten.

“Pembinaan kami lakukan tiga kali, sekarang tinggal satu kali lagi. Memang ketua harian LPTQ yang baru termasuk sekretaris Haji Budi, Haji Febri (Kabag Kesra) semangatnya sangat tinggi ingin merebut kembali juara umum,” katanya kepada Kabar Banten saat ditemui di ruang kerja, Selasa (3/3/2020).

Ia menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi ada beberapa cabang yang masih kurang maksimal, di antaranya cabang kaligrafi. Oleh karena itu, dia terus mendorong, agar cabang tersebut, dapat dimaksimalkan.

“Di Kabupaten Serang ini kalau potensi sudah sangat banyak, misalkan pesantren tahfidz quran sudah banyak, pencetak qari sudah banyak, hanya perlunya pembinaan. Misalkan seorang hafidz quran lulusan pesantren, itu bukan berarti dia sudah siap tanding di MTQ, tapi dia perlu dibina lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada MTQ tingkat Provinsi Banten semua cabang perlombaan akan diikuti. Ia optimistis, dapat merebut kembali juara umum.

“Kami mohon doanya, mohon dukunganya dari masyarakat Kabupaten Serang, walaupun katakanlah juara itu bukan target utama, karena misi utamanya sebetulnya, yaitu syiar, bagaimana membumikan Alquran, tapi dengan berbagai macam potensi yang ada di Kabupaten Serang ya tidak ada salahnya syiarnya iya, juaranya iya, saya juga optimistis dan semangat,” ucapnya.

Sementara, Kepala Sub-Bagian Bina Keagamaan Bagian Kesra Eeng Kosasih akan terus melakukan pembinaan terhadap kafilah. Menurut dia, bupati serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) sangat mendukung.

“Sampai batas waktu perlombaan kami genjot terus, kekurangannya kami poles, sehingga paling tidak bisa sesuai apa yang kami harapkan, pada prinsipnya kami akan merebut juara umum, karena enam tahun lalu MTQ provinsi di Tangsel kami rebut juara umumnya,” tuturnya.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Serang sudah menyiapkan bonus bagi para kafilah yang berhasil meraih juara di MTQ tersebut.

“Kalau kafilah ada 64 orang. Pelaksanaan Senin hingga Sabtu (23-28/3/2020). Jadi, ada waktu beberapa hari ini kami pembinaan baik personal juga kolektif di tempat khusus. Bonus sesuai ekspektasi peserta,” ucapnya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here