Minggu, 24 Juni 2018

MTQ Provinsi Banten Akan Dihadiri Menag

SERANG, (KB).- Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XV tingkat Provinsi Banten yang akan dilaksanakan pada 16-19 April 2018 akan dihadiri oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin.

Demikian dikatakan Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran  (LPTQ) Banten Prof. Syibli Syarjaya kepada kabar-banten.com, seusai menggelar pertemuan dengan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Hadir dalam pertemuan itu antara lain Kepala Biro Kesra Banten Irvan Santoso.

Menurut Syibli, dalam pertemuan tersebut Wagub merespon positif rencana diselenggarakannya MTQ XV Provinsi Banten. Terlebih, dikatakan Syibli, dalam perhelataan tersebut akan hadir Menteri Agama.

“Wagub berpesan, meski dengan keterbatasan dana namun jangan sampai mengurangi nilai dan marwah MTQ, apalagi dalam perhelatan tersebut akan dihadiri Menag dan tidak mustahil provinsi lain secara diam-diam akan memantau kita,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (12/2/2018).

Tanpa pawai

Dikatakan Syibli, untuk efisiensi, hajat tahunan tersebut akan dipusatkan di halaman  Masjid Raya Al Bantani dan aula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Banten. “Pada MTQ tahun ini diputuskan tidak ada pawai ta’aruf. Jadi, kegiatannya akan diselenggaran secara sederhana,” kata Syibli.

Diakuinya, konsep awal pelaksanaan MTQ akan digelar di halaman Masjid Raya Al Bantani dan memanfaatkan masjid-masjid di Kota Serang dan lembaga pendidikan. Sebelumnya, Gubernur mengamanatkan agar sistem penjurian MTQ harus adil dan objektif. Selain itu, ditekankan pula peserta MTQ harus asli warga Banten.

Sekretaris II LPTQ Banten  H. Uesul Qurni menyebutkan,  pendaftaran peserta secara online  dibuka sejak tanggal  1 Februari-20 Maret 2018. “MTQ ke-15 akan diikuti sekitar 464 peserta dari seluruh Provinsi Banten,” kata H. Uesul.

Disebutkan MTQ Provinsi Banten akan memperlombakan Cabang Tilawah sebanyak 6 golongan, Cabang Tahfidz sebanyak 5 golongan, Cabany Tafsir sebanyak 3 golongan, Cabang  Syarhil Quran, Cabang  Fahmil Quran, Cabang  Khat Alquran sebanyak 4 golongan, Cabang Makalah Alquran, Cabang Qiratul Kutub sebanyak 3 golongan, dan Cabang Hafalan Hadits. (Masykur/job)***


Sekilas Info

Dana Parpol Segera Cair

SERANG, (KB).- Bantuan dana partai politik (parpol) sudah bisa dicairkan pada Juli 2018. Parpol peraih kursi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *