Senin, 23 Juli 2018

MTQ Provinsi Banten, 444 Peserta Bertarung di 9 Cabang

SERANG, (KB).- Sebanya 444 peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV Provinsi Banten yang berlangsung 16-19 April 2018 akan bertarung di sembilang cabang yang diperlombakan.

Ketua panitia MTQ XV Provinsi Banten, Prof. Sholeh Hidayat mengatakan, kesembilan cabang itu terdiri atas Cabang Tilawah, tahfidz (hafalan Alquran), tafsir Alquran bahasa Indonesia dan Inggris, syarhil Quran (pidato penjelasan isi kandungan Alquran dipadu dengan tilawah), fahmil Quran (cerdas cermat isi kandungan Alquran), qiro’atul qutub (pemahaman dan pengkajian kitab-kitab klasik), khattil Quran atau kaligrafi Alquran (naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer), MMQ (kemampuan menulis dengan mengeksplorasi isi kandungan Alquran), dan Cabang Hafalan Hadits.

“MTQ XV Provinsi Banten akan dibuka Gubernur Banten pukul 19.30. Insya Allah akan dihadiri Ketua LPTQ Nasional dan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia,” kata Prof. Sholeh Hidayat.

Diungkapkan, MTQ VX 2018 mengsung tema utama: “MTQ Provinsi Banten mewujudkan internalisasi nilai-nilai Alquran menuju masyarakat Banten bebas buta aksara Alquran, berkarakter dan berakhlakul karimah.”

Menurut Prof. Sholeh, MTQ merupakan media atau wahana untuk syi’ar dan dakwah agama Islam. Kegiatan ini juga menjadi momentum silaturahim bagi para santri qori- qori’ah, hafidz-hafidzoh, mufasir-mufasiroh khottot dan khottotoh.

“MTQ merupakan salah satu ikhtiar untuk memperkokoh ukhwah Islamiah dan ukhwah insaniah serta membumikan Alquran menuju Banten beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah,” ungkapnya.

Tujuan MTQ lainnya, kata Prof. Sholeh, sebagai ikhtiar untuk menumbuhkembangkan tradisi Magrib Mengaji serta diperolehnya kader-kader Qurani yang akan menjadi duta Banten dalam even MTQ Nasional dan Internasional. (Sy)***


Sekilas Info

Sungai Ciujung dan Cidurian Kembali Menghitam, Warga Ancam Demo

SERANG, (KB).- Dua aliran sungai besar di wilayah Serang utara yakni Sungai Ciujung dan Cidurian yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *