Jumat, 14 Desember 2018

MTQ Nasional XXVII 2018, Kalau Poin Tak Berubah Maka Banten Juara Umum

MEDAN, (KB).- Hari ini, Kamis (11/10/2018) babak final seluruh cabang lomba dimulai. Bagi Kafilah Banten, inilah momentum paling menentukan untuk mengulang kesuksesan pada MTQ Nasional XXVI di Nusa Tenggara Barat (NTB). Ketika itu, Banten untuk pertama kalinya menjadi juara umum.

“Mari kita memohon lagi, memohon terus, dan terus memohon,” kata H. Dindin, salah seorang kafilah Banten, ketika dihubungi kabar-banten.com.

Menurut dia, meski DKI Jakarta lebih banyak dari Banten mengirimkan peserta ke babak final, namun dari peringkat di penyisihan atau jumlah poin masih tinggi Banten. Dalam pedoman MTQ, kejuaraan dikonversi ke poin, bukan jumlah finalis.

“Untuk menentukan kejuaraan umum, dilihat akumulasi poin. Jadi berbeda dengan sistem di dunia olahraga seperti Asian Games,” kata H. Dindin.

Diakuinya, DKI Jakarta mengirim 18 peserta ke babak final, sementara Provinsi Banten 15 peserta. Akan tetapi, Banten sudah mengantungi 57 poin, sementara DKI Jakarta hanya 54 poin. Jika peringkat di penyisihan tidak berubah, atau peserta Banten tidak ada yang turun peringkat maka Banten juaranya.

Berikut jumlah finalis yang dimiliki masing-masing provinsi peserta MTQ Nasional XXVII: DKI Jakarta 18 finalis, Banten 15 finalis, Sumatera Utara (Sumut) 14 finalis, Jawa Barat (Jabar) 11 finalis, dan Riau 9 finalis.

Sementara dilihat dari raihan poin, Banten berada di urutan teratas. Yakni, Banten 57 poin, DKI Jakarta 54 poin, Sumatera Utara (Sumut) 36 poin, Jawa Barat (Jabar) 35 poin, dan Riau 25 poin.

“Patokan nilainya, juara/peringkat satu = 5 poin, juara/peringkat dua = 3 poin, juara/peringkat tiga = 1 poin,” ungkapnya.

Dengan demikian, kata dia, jumlah finalis tidak mencerminkan banyak poin, tapi bergantung juara/peringkat masing-masing finalis pada babak final. Jika mngacu pada peringkat di babak penyisihan, perolehan Banten yakni pertama, emas 8 x 5 = 40 poin, Perak 5 x 3 = 15 poin, dan perunggu 2 x 1 = 2 poin. Jadi jumlah totalnya 57 poin,” kata H. Dindin. (KO)*


Sekilas Info

Jemaah Majlis Shubuh Safari Ziarah Banten-Jabar

SERANG, (KB).- Jemaah Majlis Shubuh Masjid Jami Nurul Huda Komplek Permata Banjar Asri Kecamatan Cipocokjaya Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *