MTQ Nasional, LPTQ BANTEN BUAT STANDARDISASI DUTA

SERANG, (KB).- Dalam hitungan hari, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Tingkat Nasional akan digelar di Medan, Sumatera Utara.

Menyambut perhelatan kompetisi keagamaan akbar ini, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tingkat Provinsi Banten terus meningkatkan intensitas dan kualitas pembinaan duta-duta Banten yang akan berlaga di even bergengsi dua tahunan.

Dihubungi kabar-banten.com, Sekretaris I LPTQ Provinsi Banten Dr.H. Ahmad Tholabi Kharlie, menjelaskan seputar program dan strategi pembinaan yang dilakukan LPTQ Banten dalam rangka menyiapkan duta-duta terbaik Banten.

“Tahun ini kita mengemban misi mulia, yakni mempertahankan kejuaraan umum MTQ Nasional yang diraih Banten pada MTQN XXVI yang lalu,” ungkapnya.

Menurut Kang Abie, panggilan akrab Tholabi, saat ini Banten menjadi provinsi yang paling disegani karena keberhasilannya meraih prestasi puncak penyelenggaraan MTQ Nasional.

“Tugas ini tentu tidaklah ringan. Karena itu diperlukan komitmen dan dukungan dari segenap pengurus LPTQ, Pemerintah Daerah, dan stakehorlders di Banten,” tegasnya mengingatkan.

Pemantauan kabar-banten.com, sedikitnya LPTQ Banten telah menggelar dua kali kegiatan training center calon duta Banten yang dipusatkan di Balai Diklat Provinsi Banten, Pandeglang.

Para calon duta Banten digembleng dan dibina oleh sejumlah pembina yang bertaraf nasional, bahkan internasional.
Menurut Kang Abie, dalam menghadapi MTQ Nasional, LPTQ Banten selalu berorientasi pada mutu peserta atau duta.

“Kuncinya mutu peserta. Dalam pengertian memiliki kompetensi secara komprehensif, mencakup skill, fisik, dan mental,” ungkap pria yang juga Wakil Dekan Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah.

Dalam waktu dekat, seluruh duta akan kembali masuk pusat pelatihan. Tidak hanya pembina internal, tapi juga LPTQ akan menghadirkan pembina eksternal untuk memberikan pengayaan kepada peserta.

Selain pembinaan yang terpusat, LPTQ Banten juga membuat mekanisme pembinaan mobile yang berkelanjutan dengan mengambil tempat di sejumlah lembaga pendidikan Alquran dan sentra pembinaan Alquran di wilayah Banten.

“Alhamdulillah program ini berjalan baik dan efektif meningkatkan kompetensi duta Banten. Kita berharap mereka memiliki kesiapan teknis dan mental yang mumpuni ketika tampil di even MTQN,” harapnya.

Di luar itu semua, lanjut Kang Abie, LPTQ Banten sangat bangga dan bersuka cita atas komitmen dan perhatian Gubernur Banten, Dr Wahidin Halim, yang telah menyatakan akan turut-serta dan mendukung penuh kafilah Banten pada MTQ Nasional 2018.

“Ini anugerah yang sangat besar buat kami, Kafilah Banten. Seluruh kafilah menyambut baik dan haru atas perhatian dan dukungan Bapak Gubernur Banten. Ini jelas spesial. Semoga ini menjadi tambahan energi baru untuk meraih prestasi puncak pada MTQN tahun ini,” harap Kang Abie. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here