Rabu, 19 Desember 2018

MTQ Banten Dimulai, Ini Lokasi Majelisnya

SERANG, (KB).- Pada hari pertama gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV Provinsi Banten, Selasa (17/4/2018) seluruh cabang diperlombakan. Ketua Panitia MTQ XV Provinsi Banten Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat mengatakan, majelis musabaqah disebar di sejumlah aula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten.

Pada hari pertama, kata Sholeh, seluruh cabang MTQ XV Banten diperlombakan. Yakni, Cabang Tilawah dengan berbagai golongannya, Tahfidz (hafalan Alquran), Tafsir Alquran bahasa Indonesia dan Inggris, Syarhil Quran (Pidato penjelasan isi kandngan Alquran dipadu dengan Tilawah), Fahmil Quran (Cerdas cermat isi kandungan Alquran), Qiro’atul Qutub (pemahaman dan pengkajian kitab-kitab klasik), Khattil Quran atau Kaligrafi Alqur’an (Naskah, hiasan Mushaf, dekorasi dan kontemporer), MMQ (kemampuan menulis dengan mengeksplorasi isi kandungan Alquran) dan cabang Hafalan Hadits.

Lokasi Majelis

Disebutkan, ada sembilan venue (majelis) yang disediakan yaitu: Pertama, halaman Masjid Raya Albantani untuk Cang Tilawah Alquran golongan Qiroat dan Dewasa serta Musyabaqoh Sarhil Quran. Kedua, aula II Mesjid Raya Albantani untuk Cabang Makalah Alquran (MMQ).

Ketiga, aula Pendopo Gubernur Cabang Tahfidz 10 sampai 20 Juz. Keempat, gedung MUI untuk Tahfidz 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab. Kelima, Balai Budaya Dindikbud untuk Tafsir golongan Bahasa Inggris dan Indonesia. Keenam, gedung Aspirasi untuk cabang Fahmil Qur’an.

Ketujuh, aula Masjid Raya untuk Khat Alquran/Kaligrafi. Kedelapan, aula Kanwil Kementerian Agama untuk cabang Tilawah Cacat Netra dan Murottal. Kesembilan, aula KORPRI Banten untuk cabang Hifdz al-Hadits dan Qira’atul Qutub Golongan Ulya. (SY)*


Sekilas Info

Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Kawasan Wisata Anyer dan Pasar Prioritas Pengamanan

Kawasan wisata Anyer dan pasar tradisional di wilayah Kabupaten Serang akan menjadi titik utama pemantauan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *