MoU Pemkab Lebak dengan 4 Universitas, Wujudkan Tri Dharma PT

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi memberikan Cenderamata kepada Rektor UIN SMH Banten Fauzul Iman, usai Penandatanganan MoU Pemkab Lebak dan 4 Universitas, di Pendopo Setda Kabupaten Lebak, Senin (18/11/2019).*

LEBAK, (KB).- Dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), Empat (4) universitas melaksanakan penandatanganan naskah kesepakatan (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, di Pendopo Setda Lebak, Rangkasbitung, Senin (18/11/2019).

Penandatangan MoU tersebut dilakukan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi bersama para Rektor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten, Universitas Lampung, Universitas Pembangunan Nasional “veteran” Jakarta, dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka Jakarta.

Ruang lingkup kerjasamanya di antaranya penyelenggaraan peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM), pengembangan sektor pariwisata dan promosi wisata serta pengembangan ekonomi dan sosial budaya masyarakat di Kabupaten Lebak.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi Mitra Kerjasama Pemerintah Daerah, para dekan beserta jajaran dan jajaran Pemkab Lebak.

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menyambut baik adanya kerjasama ini. Menurut Ade, perguruan tinggi (PT) merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat.

Ia mengatakan, dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki Perguruan Tinggi, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan untuk melaksanakan riset dan kajian, maka wujud eksistensi dari peran Perguruan Tinggi merupakan salah satu agen pembangunan yang ada di daerah dan masyarakat indonesia.

“Kita semua tentu berharap, momentum penandatanganan nota kesepakatan ini akan lebih memperkuat komitmen kita bersama untuk terus berkiprah dan berkarya nyata dalam rangka memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Lebak,” ujar Ade.

Terkait visi Pemerintah Daerah di sektor usaha, menurutnya sektor wisata menjadi pemantik dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lebak.

“Kepada segenap civitas akademika yang hadir kami berharap, setelah penandatanganan nota kesepakatan ini, mari bersama-sama kita segera menyusun langkah-langkah untuk menindaklanjuti nota kesepakatan yang telah ditanda tangani bersama ini, mohon berikan pemikiran dan ide-ide pembangunan yang cemerlang kepada kami guna mendorong pelaksanaan percepatan pembangunan daerah khususnya di kabupaten lebak,” harap Ade.

Sementara itu, Rektor UIN SMH Banten Fauzul Iman berharap melalui hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan di wilayah Kabupaten Lebak dapat diaplikasikan oleh Pemerintah Daerah melalui kebijakan-kebijakan strategisnya.

“Kami para akademisi tentu mempunyai tanggung jawab serta memiliki pengabdian yang ingin diterapkan di tengah-tengah masyarakat khususnya saat ini di wilayah Kabupaten Lebak,” ujar Fauzul.

Diketahui, MoU tersebut memiliki jangka waktu selama 5 Tahun, terhitung perjanjian kerjasama ditandatangani yaitu tanggal 18 November 2019 dan berakhir pada 17 November 2024. (Lugay/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here