Mobil Dinas Nunggak Pajak

CILEGON, (KB).- Sejumlah mobil dinas yang digunakan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, termasuk mobil dinas yang digunakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon dikabarkan menunggak membayar pajak.

Hal tersebut terungkap saat petugas Samsat Keliling, melakukan pendataan secara menyisir terhadap kendaraan yang terparkir di Halaman Kantor Pemkot Cilegon, Kamis (26/12/2019).

Kasi Pendataan dan Penetapan Samsat Cilegon Muntasiroh mengatakan, penyisiran kendaraan roda empat dan dua di Halaman Pemkot Cilegon memang baru dilaksanakan tahun ini. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan di parkiran pusat perbelanjaan.

“Saat ini, kami ada kegiatan pendataan untuk kendaraan bermotor yang belum membayar pajak. Kami lakukan penyisiran satu per satu nopol kendaraannya, bagi yang menunggak kami berikan brosur informasi pemberitahuan,” katanya.

Ia menuturkan, untuk kendaraan pelat merah, berdasarkan data yang ada di Samsat memang ada kendaraan dinas yang menunggak. Sehubungan itu, pihakmya berkoordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat, untuk mengetahui status kendaraan dinas tersebut, apakah rusak atau hilang.

“Karena kendaraan dinas yang hilang atau rusak harus diinformasikan, agar pajaknya tidak menjadi tunggakan. Kalau memang masih ada, biasanya ada tambahan berita acara terkait keterangan kendaraan dinas tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Kepala Bidang Aset pada BPKAD Kota Cilegon Raden Firman menuturkan, tunggakan pajak kendaraan dinas tersebut, bukan tanggung jawab pihaknya, tetapi tanggung jawab OPD yang menggunakan kendaraan dinas tersebut.

“Pembayaran pajak kendaraan dinas, pemeliharaan, dan perawatan ada di setiap OPD, bukan di BPKAD,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Pemkot Cilegon Teten Hertiaman sudah memberikan instruksi kepada jajarannya, agar mobil dinas yang selama ini dijadikan kendaraan operasional, agar dirawat dan dijaga dengan baik.

“Termasuk pembayaran pajak dan segala sesuatunya. Staf kami langsung melakukan perawatan dan melaksanakan pembayaran pajak. Syukur alhamdullilah, tidak ada yang menunggak pajak,” tuturnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here