Misterkoja.com, Gerai Digital UMKM Lebak

Meningkatnya kreativitas pelaku industri ekonomi kreatif khususnya sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Lebak, dibutuhkan aksesibilitas yang memudahkan konsumen dalam bertransaksi, dimana kecepatan menjadi kunci utama dalam meraih sukses bukan hanya kekuatan dan kepintaran.

Upaya dalam mempermudah aksesibilitas konsumen dalam mendapatkan produk UMKM  salah satunya melalui media digital. Seperti yang dilakukan salah Satu Staf Humas Protokol Setda Lebak Rendi Ramdan.

Disela-sela waktunya, Rendi melakukan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kemudahan para konsumen untuk membeli produk-produk UMKM Asli Kabupaten Lebak melalui gerai digital sebagai oleh-oleh ataupun untuk konsumsi pribadi.

Menggandeng beberapa sponsor dan dibina langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lebak, pihaknya membuat aplikasi gerai digital misterkoja.com guna menjawab tantangan di era industri 4.0 bagi perkembangan dan pemasaran Produk UMKM di Kabupaten Lebak.

“Dasar dibangunnya misterkoja.com itu berbasis ekonomi kerakyatan, jadi bukan condong ke profit bagi pemilik misterkoja.com itu sendiri” ungkap Rendi Ramdan kepada Kabar Banten diruang kerjanya, Senin (16/12/2019).

Selain itu, misterkoja.com juga menggandeng salah satu starup ojek online lokal Kabupaten Lebak bernama D’Anteur sebagai media kurir misterkoja dalam pengiriman dalam kota rangkasbitung sedangkan untuk konsumen luar daerah untuk saat ini menggunakan jasa kurir JNE.

“Mungkin media toko online misterkoja tidak secanggih toko-toko online yang sudah ada, tapi semangat untuk membantu masyarakat khsususnya para pelaku UMKM di Lebak, ditambah kerja sama dengan ojek online lokal, memotivasi kami untuk terus menyempurnakan media toko online ini” ujar Rendi.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lebak, Babay Imroni mengatakan, semangat yang ditunjukan misterkoja.com untuk kemajuan UMKM di Kabuten Lebak patut kita apresiasi, menurut Babay, dirinya akan terus melakukan pembinaan sehingga target dari misterkoja.com untuk kemajuan UMKM lebak bisa tercapai.

“Tentunya inovasi-inovasi seperti ini diperlukan dalam membangun Kabupaten Lebak,” ujar Babay.

Untuk diketahui, selain menyediakan produk UMKM, di misterkoja.com juga terdapat paket tour destinasi wisata di Kabupaten Lebak dengan menggandeng Tour Guide local untuk memudahkan para wisatawan menuju destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lebak. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here