Minggu, 24 Juni 2018
Tim redaksi dan manajemen Harian Umum Kabar Banten saat bersilaturahim dengan Penjabat sementara Bupati Lebak, H. Ino S Rawita di Pendopo Bupati, Senin (26/3/2018).*

Miliki Potensi Besar, Kabupaten Lebak tak Kalah dengan Daerah Lain

Tim redaksi dan manajemen Harian Umum Kabar Banten berkesempatan bersilaturahim dengan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Lebak H. Ino S Rawita di Pendopo Bupati, Senin (26/3/2018). Banyak hal yang diperbincangkan dalam silaturahim sambil makan siang tersebut. Salah satunya menyangkut potensi besar yang dimiliki Kabupaten Lebak.

Tim redaksi dan manajemen Kabar Banten antara lain Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat Rachmat Ginandjar, Pemimpin Redaksi Kabar Banten Maksuni Husen, Redaktur Kabar Banten di Lebak Tono Soemarsono. Sedangkan Pjs Bupati Lebak H. Ino S Rawita didampingi Kabag Humas Setda Pemkab Lebak Eka Prasetyawan.

“Lebak sekarang ini sudah tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan dalam berbagai aspek, telah lebih baik,” kata Ino, mengawali perbincangan. Pria yang juga masih menjabat Asda II Pemprov Banten ini dipercaya menjadi Pjs Bupati. Ia merasakan kemajuan di Lebak. Salah satunya menyangkut penerapan sistem informasi manajemen perencanaan, penganggaran, dan pelaporan (Simral).

Menurut Ino, saat ini semua transaksi dalam hal pengeluaran anggaran sudah dilakukan secara non tunai. Ia menuturkan, dengan penerapan ini maka birokrasi di Kabupaten Lebak sudah mulai terbiasa dengan sistem baru tersebut. “Ini tentu saja berdampak pada perbaikan dalam laporan keuangan,” katanya.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Dinsos Banten ini mengatakan, Kabupaten Lebak, meskipun masih belum lepas dari stigma daerah tertinggal, memiliki potensi besar dibandingkan daerah lain. Saat ini, tutur Ino, potensi-potensi tersebut sedang dioptimalkan. Potensi besar di Lebak, antara lain menyangkut kekayaan alam, seperti emas, batu mulia, batu fosil, dan berbagai kekayaan alam lainnya. “Ini terus kami pasarkan sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian rakyat,” ucapnya.

Selain itu, potensi yang tak kalah hebatnya, yakni dari potensi pariwisata. Menurut Ino, ritual Seba Baduy setiap tahun menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik wisatawan. Bahkan, kata dia, Sebay Baduy merupakan dari “Seven Wonders” atau tujuh destinasi wisata unggulan. Ia mengatakan, berbagai potensi yang dimiliki Lebak tersebut membutuhkan peran serta dari berbagai elemen masyarakat. Termasuk dari kalangan pers. “Pemerintah tak terlepas dari kemitraan dengan pers. Melalui pers, pemerintah bisa memublikasikan berbagai kemajuan pembangunan. Kalau pun ada kekurangan dan kelemahan itu, pers bisa memberitakan dengan cara-cara yang konstruktif,” tuturnya.

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat Rachmat Ginandjar menyampaikan terima kasih atas penerimaan kunjungan oleh Pjs Bupati Lebak. ”Kami sangat berterima kasih. Ini sebuah kehormatan, bisa makan siang bareng dengan membicarakan berbagai hal. Pers juga butuh masukan dari pemerintah daerah. Silaturahim dari Kabar Banten ini diharapkan meningkatkan terus kemitraan yang terjalin selama ini. Kami berharap kemitraan yang dibangun turut pula meningkatkan kemajuan di Kabupaten Lebak,” kata Rachmat. (Indra Lugay)***


Sekilas Info

Gubernur Banten Pimpin Sertijab Bupati Lebak

LEBAK, (KB).- Serah terima jabatan (sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Lebak dari Penjabat Bupati (Pj) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *