Miliki Peran Penting dan Strategis, Bakohumas Didorong Sosialisasikan Program KKBPK

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka 'Rapat Koordinasi Mitra Kehumasan Program KKBPK Provinsi Banten 2019', di hotel Le Dian, Kota Serang, Senin (9/12/2019).*

SERANG, (KB).- Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si mengatakan, di era digitalisasi atau globalisasi, program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) perlu terus disosialisasikan mengikuti perubahan jaman. Untuk itu, peran Badan Koordinasi Humas Pemerintah (Bakohumas) sangatlah diperlukan karena  merupakan wadah komunikasi pengelola humas instansi pemerintah  dalam mendukung tugas dan fungsi kehumasan.

“Bakohumas mempunyai posisi yang strategis dan peran yang penting dalam upaya menyampaikan informasi kepada publik. Anggota Bakohumas dapat membantu mitra-mitranya termasuk BKKBN dalam menyampaikan informasi tentang berbagai isu di bidang Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga,” ujarnya, pada kegiatan ‘Rapat Koordinasi Mitra Kehumasan Program KKBPK Provinsi Banten 2019’ di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (9/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Kepala Biro Hukum Organisasi dan Humas BKKBN RI, Ratna Juwita Razak, jajaran pejabat Perwakilan BKKBN Banten, Kepala Diskominfo Provinsi Banten dan perwakilan diskominfo kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Aan menyampaikan bahwa arah kebijakan dan strategi Program KKBPK 2014 – 2019 adalah meningkatkan akses dan pelayanan KB yang merata dan berkualitas di dalam sistem JKN, meningkatkan pamahaman remaja mengenai kesehatan reproduksi dan penyiapan kehidupan berkeluarga, penguatan advoksi dan KIE tentang KB dan Kesehatan Reproduksi diseluruh wilayah.

Kemudian, meningkatkan peran dan fungsi keluarga dalam pengasuhan anak dan perawatan lanjut usia, penyelarasan landasan hukum dan kebijakan kependudukan dan KB, menata dan menguatkan serta meningkatkan kapasitas kelembagaan kependudukan yang memadai, akurat dan KB di pusat dan daerah, meningkatkan ketersediaan dan kualitas data da informsi kependudukan yang memadai  akurat dan tepat waktu, serta memperkuat penelitian dan pengembangan bidang kependudukan dan KB.

“Tahun 2020, BKKBN akan mengadakan kegiatan pendataan keluarga dan isu-su strategis yang tentunya membutuhkan wadah untuk dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat luas secara efektif dan efisien. Untuk itu, diperlukan peran Bakohumas. Selain itu, ada juga forum yang dibentuk oleh BKKBN yaitu Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) sebagai wadah bagi wartawan dan mitra kehumasan untuk menyampaikan informasi program KKBPK kepada khalayak umum,” ujar Aan.

Plt Kepala Biro Hukum Organisasi dan Humas BKKBN, Ratna Juwita Razak saat menyampaikan materi pada ‘Rakor Mitra Kehumasan Program KKBPK Provinsi Banten 2019’, di hotel Le Dian, Kota Serang, Senin (9/12/2019).*

Plt Kepala Biro Hukum Organisasi dan Humas BKKBN, Ratna Juwita Razak menyampaikan bahwa 89 persen milenial saat ini menggunakan gadget, remaja ini yang menjadi sasaran program KB, karena mereka nanti yang ke depannya akan menjadi pemimpin bangsa. Jadi, bagaimana mereka bisa merencanakan pendidikannya, pernikahannya, punya anak berapa, kemudian anaknya seperti apa?.

“Jadi untuk menyampaikan sosialisasi program KB kepada milenial, bahasanya harus mengarah kepada bahasa mereka agar dapat dipahami. Kita akan kemas semua itu untuk memudahkan sosialisasi dan pemahaman kepada milenial,” ujarnya.

Ratna mengatakan, untuk melakukan pendekatan dan sosialisasi, pihaknya bekerjasama dengan forum generasi berencana (Genre). “Genre ini yang kemudian berbicara dengan milenial untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi karena mereka sangat aktif sekali. Kemudian dengan bahasa mereka, diharapkan teman-temannya mudah memahami apa yang disampaikan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholder. “Kami juga menjalin kemitraan dengan berbagai profesi di masyarakat dan stakeholder lainnya dalam pencapaian program KKBPK,” ujar Ratna. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here