‘Merit Award’, 10 Sekolah Terima Penghargaan Prestasi

CILEGON, (KB).- Sebanyak sepuluh sekolah di Kota Cilegon menerima penghargaan prestasi pendidikan melalui program ‘Merit Award’, yang diselenggarakan di SMA 2 Krakatau Steel, Kota Cilegon, Selasa (12/11/2019). Program tersebut telah dilaksanakan keenam kalinya di Kota Cilegon, yang diselenggarkaan oleh PT Tenaris SPIJ sebagai salah satu program investasi sosial perusahaan.

Tahun ini, program Merit Award diberikan kepada 168 siswa dari 10 sekolah yang ada di Cilegon, terdiri dari empat sekolah menengah pertama, tiga sekolah menengah atas, dan tiga sekolah menengah kejuruan. Jumlah tersebut bertambah 33 siswa penerima penghargaan dari tahun sebelumnya.

Institutional Relations Director PT Tenaris SPIJ Pungky Hermawan mengatakan, tahun ini selain jumlah siswa penerima penghargaan bertambah, jumlah sekolah penerima pun bertambah dari yang tahun lalu hanya 9, kini menjadi 10 sekolah.

“Dari jumlah tersebut penghargaan yang diberikan kepada ratusan siswa tersebut sebesar Rp 474 juta, yang naik 17 persen dari tahun sebelumnya dengan tambahan 33 siswa penerima penghargaan. Jumlah sekolah pun bertambah dari 9 sekolah di tahun 2018 menjadi 10 di tahun 2019,” ujarnya kepada wartawan.

Ia menambahkan selain dari program Merit Award yang diimplementasikan pada tingkat global dan domestik, pihaknya juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana melalui Program Pendidikan Roberto Rocca, bantuan dana pembangunan renovasi sekolah dasar dan menengah.

Selain itu, kata dia, tahun ini Tenaris juga menginisiasi program pelatihan kerja kepada masyarakat sekitar, yang bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Serang. “Jadi kami bukan hanya memberi penghargaan kepada siswa SMP, SMA atau SMK saja, kami sudah melakukan juga ke tingkat universitas melalui program Roberto Rocca,” ujarnya.

Human Resources Director Veronika Rosalia menambahkan program Roberto Rocca tersebut diberikan kepada mahasiswa di semester 5, yang dilaksanakan kepada sejumlah universitas di Pulau Jawa. Akan tetapi, tahun ini pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), untuk melakukan penjaringan kepada calon penerima beasiswa.

“Selama ini sudah kami lakukan ke sejumlah universitas di Pulau Jawa, tapi tahun ini kami sudah mulai menjalin kerja sama dengan Untirta untuk mulai melakukan seleksi kandidat. Sebagai bentuk apresiasi kami kepada universitas yang berada dekat dengan kami,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Cilegon Erwin Harahap mengatakan sebagai pemerintah daerah pihaknya mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap tidak hanya Tenaris yang memberikan perhatian kepada dunia pendidikan di Cilegon, melainkan perusahaan lain juga melakukan hal yang sama.

“Saya mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, yang diharapkan sebenarnya bukan hanya Tenaris tapi perusahaan lain juga menumbuhkembangkan kepedulian yang sama. Jika semua sudah bersama-sama melakukan kepedulian ini, Insyaallah masyarakat Cilegon jauh lebih baik dibidang pendidikan,” tuturnya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here