Meriah, Hari Kedua Pesona Ramadan Banten 1440 H

SERANG, (KB).- Hari kedua “Pesona Ramadan Banten 1440 H” pada Sabtu (25/5/2019) tidak kalah meriahnya dengan hari pertama, Jumat (24/5/2019). Pada hari kedua, event tahunan ini digelar dua lomba, yakni festival marawis dan fashion show.

Festival marawis ternyata mengundang daya tarik puluhan grup marawis di Banten untuk ikut berkompetisi. Sedikitnya 30 grup marawis ikut mendaftar dalam lomba ini.

Dinilai terlalu banyak pesertanya dan terbatasnya waktu lomba, dengan sangat terpaksa, panitia menyeleksi ke-30 peserta. Mereka terdiri atas grup marawis tingkat pelajar se-Banten. Setelah melalui seleksi, akhirnya tersaring 15 peserta yang ikut dalam lomba.

Koordinator kegiatan Anis Fuad berharap pada Pesona Ramadan Banten tahun depan waktu kegiatannya bisa lebih panjang, sehingga bisa menampung jumlah peserta yang lebih banyak.

“ Mudah-mudahan pada Pesona Ramadan tahun depan waktunya lebih banyak, sehingga peserta bisa lebih banyak,” kata Anis Fuad yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Musik Marawis Indonesia (HIMMI) Banten, Sabtu (25/5/2019). Festival marawis ini dimeriahkan pula dengan penampilan band lokal “Frappio’s Band”.

Seusai festival marawis, acara dilanjutkan lomba fashion show busana muslim tenun/batik khas kabupaten/kota se-Banten. Puluhan peserta tampil dengan kostum dan karakternya masing-masing.

Berikut daftar pemenang lomba hari kedua Pesona Ramadan Banten 1440 H:

 Lomba Marawis

Juara 1 Grup Marawis Aswatul Qulub, juara 2  Grup Marawis An-Nabawiyah, dan juara 3 Grup Marawis Dziharkah

Lomba Fashion Show

Juara 1 peserta nomor 34, juara 2 peserta nomor 33, juara 3 peserta nomor 06, harapan 1 peserta nomor 30, harapan 2 peserta nomor 13, dan harapan 3 peserta nomor 05

Juara Stand

Juara 1 Ekraf Serang (produk variatif), juara 2 Le Ekraf (aneka kain batik lokal), juara 3 Jam Kayu (Bank Indonesia), harapan 1 dodol Betawi, harapan 2 Dsire Banten, dan harapan 3 Belimbing Wuluh

Selain lomba, pada hari kedua Pesona Ramadan Banten, panitia menggelar acara Magrib Mengaji, Klinik Mengaji Tahsin, dan penggalangan dana di lokasi kegiatan. Dana yang terkumpul akan disalurkan kepada korban bencana banjir bandang di Lebak.

Panitia pun menyediakan takjil gratis untuk para pengunjung dan masyarakat yang sedang melintas kawasan Pendopo Bupati Serang. Jumlah takjil gratis ini mencapai 10 ribu dus.

Takjil sebanyak itu diperoleh dari sumbangan berbagai instansi, hotel dan restoran, serta seluruh stake holder/sponsor, termasuk Bank Indonesia Cabang Banten dan Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, yang terlibat dalam kegiatan ini.

Pada akhir acara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan.”Alhamdulillah agenda Pesona Ramadan selesai dilaksanakan serta berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Eneng juga menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus kepada seluruh pengisi stand dari semua lembaga, hotel, UMKM, Pokdarwis dan lembaga lainnya.  “Semoga kegiatan ini membawa kebaikan untuk kita semua dan bisa lebih baik lagi pada tahun depan,” katanya.

“Selamat melaksankan ibadah puasa di 10 hari terakhir dan semoga bisa bertemu pada Idul Fitri dan Ramadan yang akan datang,” pungkasnya.

Pada akhir acara, Eneng sempat membawakan lagu bersama Duta Cilik Pariwisata Aida Careen.  dengan diiringi Frappios Band.(DH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here