Senin, 25 Juni 2018
Perajin pelepah pisang, Abdul Hakim memperlihatkan produk kerajinan tangan di Kaujon Kota Serang.*

Menyulap Pelepah Pisang Jadi Barang Bernilai

BAGI sebagian orang, pelepah pisang mungkin hanya dianggap sebagai sampah kering yang tidak bernilai. Karena umumnya, masyarakat hanya memanfaatkan buahnya saja dari sebuah pohon pisang. Namun siapa sangka, di tangan Abdul Hakim (40) warga Kaujon Buah Gede, RT 04 RW 03, Kelurahan Kaujon, Kota Serang, Banten, pelepah pisang disulap menjadi sebuah kerajinan tangan yang sangat bernilai ekonomis.

Bahkan dari hasil kreasi kerajinan tangan itulah, pria berdarah Betawi itu kini mampu menghidupi keluarganya. Mengingat kerajinan tangan pelepah pisang tersebut kini banyak diminati para pembeli. Penghasilan dari penjualannya pun tidak main-main, bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan. ”Awalnya sih hanya iseng membuat kreasi dari pelepah pisang. Kebetulan di halaman belakang rumah banyak pohon pisang, dan ketika panen pisang pelepahnya kebanyakan dibuang. Nah dari situlah saya mulai terpikir membuat kreasi dari pelepah pisang,” kata Abdul saat berbincang dengan Kabar Banten, Jumat (9/3/2018).

Menurutnya, usaha kerajinan yang kini ditekuninya tersebut sudah dimulai sejak 32 tahun lalu, tepatnya saat dirinya belum memiliki keluarga (bujang). Ketika itu dirinya belum terpikir jika kreasi kerajinan tangan pelepah pisang buatannya akan menjadi sebuah mata pencaharian baginya. Namun karena hasil kreasinya banyak diminati, dirinya pun mulai serius menekuni kreasi keterampilan tangan pelepah pisang tersebut. ”Nyari bahan bakunya nggak susah, ya saya cari disekitar kampung saja kan banyak,” ujarnya.

Bentuk kreasi kerajinan tangan yang dibuatnya, mulai dari vas bunga, gantungan kunci, sapu, celengan dan masih banyak yang lainnya. Selain dari pelepah pisang, dirinya juga memanfaatkan bahan dasar bambu untuk kreasinya tersebut. Cara membuat kerajinan tangan ini juga tidak sulit dan hanya menggunakan alat-alat sederhana. ”Tetapi hasil usaha ini hanya bisa untuk kebutuhan keluarga saja. Padahal saya ingin sekali usaha ini bisa berkembang. Hanya saja memang saya masih terkendala modal,” ucapnya. (Ridwan/Job)***


Sekilas Info

Berburu Uang Receh untuk Lebaran

MEMBERIKAN sedekah uang persenan (angpau) untuk kerabat, teman dan tetangga seakan sudah menjadi tradisi saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *