Menunggu Jawaban Provinsi, Lelang Jabatan Sekda Kota Serang Bergulir

SERANG, (KB).- Lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang mulai bergulir, karena harus ada uji kompetensi dan evaluasi setelah lima tahun masa jabatan sekda berakhir.

“Nanti hasil kompetensinya itu apakah Sekda masih bisa diperpanjang atau tidak itu hasil daripada uji kompetensi, dalam aturannya seperi itu Sekda itu kan lima tahun dievalusi,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Serang Bambang Janoko.

Dari hasil kompetensi itu, wali kota akan menentukan apakah jabatan Sekda diperpanjang atau akan dibuka open bidding. Meskipun dibuka open bidding, Sekda yang saat ini menjabat masih bisa mengikuti prosesnya.

“Itu kan surat (uji kompetensi) sudah dikirim ke gubernur. Hasil rapat saya dengan BKPSDM. Suratnya sudah dikirim ke gubernur tinggal menunggu saja,” ucapnya.

Ia menegaskan, jabatan Sekda adalah jabatan kedua setelah wali kota dan wakil wali kota di lingkungan Pemkot Seeang. Sehingga, ia berharap Sekda harus betul-betul memiliki loyalitas tinggi terhadap pimpinan daerah.

“Harus yang mampu mengkoordinir ASN di Kota Serang dan harus loyal terhadap wali kota, harus kepada pumpinan langsung,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Serang Hasan Basri mengatakan, banyaknya jabatan kosong akan berpengaruh terhadap kinerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan program kerja Wali Kota Serang.

“Terutama di eselon III ya, untuk jabatan Sekretaris Dinas (Sekdis). Tentu sangat berpengaruh,” kata politisi PKS itu kepada Kabar Banten, Ahad (28/6/2020).

Dalam melakukan rotasi mutasi pejabat di lingkungan Pemkot Serang, kata dia, da beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, seperti mrnyangkut kompetensi dan loyalitas terhadap pimpinan.

“Kenapa loyalitas penting, karena untuk menunjang program pimpinan. Jangan sampai, ada yang tidak sesuai,” ucapnya. (Masykur)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here