Minggu, 24 Juni 2018
Pantai Legon Pari di Desa Sawarna merupakan salah satu tempat ngabuburit diwilayah Banten selatan.*

Menunggu Beduk Magrib di Banten Selatan

Selain mal dan sejumlah pusat keramaian lainnya, tempat seperti ruang terbuka pantai menjadi alternatif ngabuburit yang tidak kalah mengasyikkan di wilayah Lebak Selatan (Baksel). Bahkan lokasi yang mampu menyatukan manusia dan alam tersebut membuat detik-detik menjelang beduk magrib seolah berlalu begitu cepat.

Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, merupakan salah satu desa yang memiliki beberapa destinasi wisata yang lengkap. Di antaranya pantai dengan panorama yang sangat indah, goa dan panorama hutan yang juga tak kalah mengasyikkan, mampu menjadi magnet jutaan wisatawan baik dalam negeri hingga mancanegara.

Rabu (6/6/2018) sekitar pukul 16.00 WIB, salah satu destinasi wisata pantai Karang Bokor, yang berada dibalik kawasan hutan Perusahaan Umum (Perum) Perhutani Bayah, tampak sejumlah warga sedang bermain. Dari mereka yang sedang menikmati alam sambil mengagumi kebesaran Allah SWT.

Seorang di antaranya adalah tokoh masyarakat yang juga mantan anggota DPRD Lebak, AM Erwin Komara Sukma. Mantan Kepala Desa (Kades) Sawarna yang kini tercatat sebagai koordinator Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Lebak tersebut, tampak sedang asyik menikmati keindahan Pantai Karang Bokor dengan sesekali berbincang-bincang bersama sejumlah wisatawan serta bercanda dengan sejumlah anak-anak warga desa tersebut.

Dari mereka terlihat ada yang sedang menikmati semilir angin angin sore seraya menikmati keindahan panorama pantai yang berada dibalik hutan jati yang dikelola Perum Perhutani atau sekitar 200 meter dari Jalan Cibayawak – Sawarna. Sebagian pengunjung anak-anak ada yang menyembul-nyembul air, naik ke karang.

Tampak sejumlah orangtua yang sesekali terlihat memperingati anaknya yang sedang asyik bermain sambil berlari-lari. Beberapa pengunjung lainnya tampak sedang asyik selfi. “Bagi saya, salah satu tempat yang paling nyaman untuk ngabuburit ya di sini (Pantai Karang Bokor),” ucapnya.

Menurut dia, ngabuburit di kawasan tersebut membuat waktu terasa begitu cepat, hingga akhirnya pulang menjelang beduk. “Tempatnya tenang dan bisa membuat kita lebih bersyukur atas segala yang Allah telah ciptakan di antaranya di Pantai Karang Bokor dan Legon Pari yang menjadi tempat favorit sebagian kecil bukti kekuasan Allah,” kata AM Erwin KS.

Pantai Karang Bokor dijadikan tempat favorit bagi ngabuburit. Selain sejuk karena berada dibalik hutan jati yang dikelola Perum Perhutani Bayah juga tidak jauh dari akses jalan ruas Cibayawak-Sawarna yang merupakan jalan utama menuju Desa Sawarna Kecamatan Bayah.”Objek wisata yang biasa dimanfaatkan sebagai tempat ngabuburit selain Pantai Karang Bokor dan Legon Pari yakni Pantai Tanjunglayar, Karang Taraje,” tuturnya. (Dini Hidayat)*


Sekilas Info

Gunung Pinang Jadi Primadona

Gunung Pinang merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *