Menumbuhkan Minat Baca Melalui Kemah Literasi

SEJAK beberapa tahun belakangan ini, mulai ada upaya yang sungguh-sungguh baik dari pemerintah maupun sejumlah stakeholders untuk meningkatkan gerakan literasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Melalui gerakan literasi itu, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu sekaligus memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga maupun dalam masyarakat.

Secara luas, sifat literasi yang memiliki “multiple effect” dapat membantu pembangunan berkelanjutan, seperti memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian, pertumbuhan penduduk, dan lain sebagainya.

”Literasi bukan hanya sekadar kemampuan untuk membaca dan menulis. Namun, menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif dan mampu mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat,” kata Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi saat membuka Kemah Api Literasi di Lapangan Merdeka, Kecamatan Bayah, akhir pekan lalu.

Sebagai pimpinan daerah, ujar Wabup, pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti kemah literasi yang dilaksanakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, yang diyakini akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM).

”Sangat banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca. Jika kita hubungkan dengan pendidikan budi pekerti, manfaat yang memiliki keterkaitan dengan budi pekerti adalah dapat meningkatkan hubungan sosial, dapat meningkatkan empati seseorang, dan membantu kita berhubungan dengan dunia luar,” ujar Wabup.

Wabup mencontohkan, seorang penulis yang gemar membaca akan memudahkan baginya menulis berbagai macam tulisan, karena memiliki pengetahuan yang luas serta perbendaharaan kata yang banyak. ”Dengan menulis kita dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca, memperluas pengetahuan dan pertemanan, melatih komunikasi, dan memberikan penghasilan tambahan,” tuturnya.

Ditambahkan, kegiatan seperti ini bagus karena mendukung salah satu program Pemkab Lebak yakni program Lebak Pintar, dengan meningkatnya kesadaran dan minat baca masyarakat berarti juga mendukung keberhasilan program Gerakan Indonesia Membaca yang dicanangkan pemerintah.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, H. Asep Komar mengatakan, kemah api literasi ini pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Bayah. Untuk selanjutnya akan dilaksanakan tiap tahun di wilayah yang berbeda. ”Kegiatan ini mendapatkan antusiasme masyarakat. Kami berkesimpulan kemah literasi ini merupakan kegiatan positif yang harus dilakukan secara berkelanjutan,” tutur Asep Komar Hidayat. (Dini Hidayat)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here