Menteri Pertanian Pastikan Stok Gula Aman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri depan) saat menyambangi pabrik gula PT Permata Dunia Sukses Usaha di Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Kamis (2/4/2020).*

Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan gula untuk kebutuhan bulan puasa dan Lebaran 2020 dalam kondisi aman dan terkendali. Kepastian itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat menyambangi pabrik gula PT Permata Dunia Sukses Usaha (PDSU) di Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Kamis (2/4/2020).

Kedatangan Mentan tersebut juga menindaklanjuti informasi kelangkaan gula di tengah pandemik corona atau Covid-19. Mentan juga memastikan harga gula akan kembali normal yaitu Rp 12.000/kg.

“Dari sebelas bahan pokok ada kelangkaan, salah satunya gula. Sehingga ada kepanikan di kalangan masyarakat. Dan kami datang ke sini beserta rombongan untuk memastikan stok gula, dan ternyata masih aman. Karena situasi (corona) sehingga pengiriman pendistribusian terlambat,” kata Syahrul.

Ia mengatakan, PT PDSU saat ini memiliki stok gula rafinasi sebesar kurang lebih 25.000 ton. Stok tersebut, kata dia, dapat menjaga pasokan dan distribusi untuk kebutuhan industri makanan dan minuman.

“Serta kebutuhan konsumsi langsung masyarakat selama bulan April – Mei 2020,” tuturnya.

Selain itu, ia juga memastikan kebutuhan bahan pokok lainnya aman. “Kebutuhan tetap terjaga, dengan adanya pemeriksaan ini ketersediaan barang dan harga untuk suplai dan stok-stok kebutuhan pokok ada dan tersedia,” ujarnya.

Ia berharap kondisi seperti sekarang ini tidak sampai ada karantina wilayah. Soalnya, kata dia, tahun ini memasuki musim panen.

“Baik itu gula, bawang dan beras nasional akan segera panen sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Hari ini (kemarin) kami juga akan segera mendistribusikan dari belasan industri sehingga kebutuhan akan tetap terjaga dan harga gula akan kembali normal dengan harga Rp 12.000/kg,” tuturnya.

Ia berharap kepada seluruh pejabat daerah hingga yang paling bawah untuk selalu mendorong dan mempersiapkan pupuk yang banyak.

“Insya Allah konsep yang kami siapkan semuanya mampu dilaksanakan, sesuai dengan jadwal. Kelangkaan-kelangkaan akan kami tutup, yang mana panen bawang atau yang lainnya sudah masuk tahun ini dan semuanya dalam kendali,” ujarnya.

Hadir dalam rombongan tersebut antara lain Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyo, Danrem 064/MY Kolonel Inf. Windiyatno, Dandim 0623/Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana, Camat Ciwandan Agus Aryadi. Dari pihak pabrik yaitu Manajer PT Permata Dunia Sukses Utama Choo Hoe Pektori. (Himawan Sutanto)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here