Menpan RB Mundur, Pengangkatan Honorer K1 Bisa Terdampak

SERANG, (KB).-¬†Pergantian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) berpotensi berdampak terhadap rencana pengangkatan tenaga honorer kategori 1 (K1) Pemprov Banten.¬† “Tentu kebijakan bisa saja berubah. Tapi sepanjang hal yang sudah diputuskan saya kira tidak akan berubah. Tapi implementasinya bisa nambah waktu (mulur). Setiap pergantian kepemimpinan biasanya begitu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin, Rabu (15/8/2018).

Meski demikian, pihaknya terus berupaya dan mendorong pemerintah pusat agar menyelesaikan persoalan sisa honorer K1 di Banten.”K1 itu penerimaan pegawai jalur khusus sebetulnya. Jadi penerimaannya harus dengan PP (peraturan pemerintah) tersendiri. Harus ada putusan dari pemerintah. (Dengan pergantian menteri ini) ya kita ulangi lagi. Updating data. Paling tidak kita mengingatkan kembali bahwa masih ada sisa K1 di Banten,” tuturnya.

Komarudin menjelaskan, BKD saat ini sudah menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk disampaikan ke Kemenpan-RB, yaitu Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang nantinya akan ditandatangani Gubernur Banten selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK). “Dokumennya sudah kita siapkan. Tapi kita masih cari dasarnya. Kita mengeluarkan SPTJM kan harus ada dasarnya. Kita sedang cari, apakah ada suratnya bahwa Pak Menteri minta SPTJM,” kata Komarudin.

Tidak berpengaruh

Secara terpisah, menurut tenaga honorer K1, Endang Suherman, pergantian Menpan RB tidak berpengaruh secara langsung terhadap hak K1 diangkat menjadi ASN. “Kami yakin siapapun Menpan RB-nya tentu akan memedomani aturan yang berlaku. Dengan digantinya Pak Asman Abnur, tidak bisa menghilangkan kesempatan K1 diangkat menjadi ASN,” ucap Endang kepada wartawan, Rabu (15/8).

Endang berharap Menpan RB yang baru tetap sejalan dengan kebijakan Pak Asman Abnur. “Bicara penyelesaian honorer berpedoman pada PP 48/2005 jo PP 56/2012,” ujarnya. Endang menuturkan, pihaknya saat ini fokus mengawal percepatan pembuatan SPTJM K1. “SPTJM K1 ini sangat penting buat kami untuk meluruskan SPTJM yang pernah dibuat Pemprov Banten tahun 2014,” tuturnya. Diketahui, Presiden Joko Widodo melantik Komjen Pol. Syafrudin sebagai Menpan RB menggantikan Asman Abnur yang mundur dari jabatan menteri. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here