Menjelajah Taman Nasional Ujung Kulon, Tiga Destinasi Menggoda Jiwa

TAMAN Nasional Ujung Kulon (TNUK) merupakan salah satu taman nasional yang dimiliki oleh Indonesia, termasuk dalam Situs Warisan Dunia dan dilindungi UNESCO. Taman nasional yang berada di Provinsi Banten tersebut memiliki beberapa objek wisata pulau yang sangat menggoda dan menarik untuk dikunjungi. Seperti dirasakan seorang backpacker, Dimitri Zuniar dan belahan hatinya yang memilih berlibur, di Pulau Peucang dan Pulau Badul. Tidak hanya pulau, Dimitri dan kekasihnya juga memasukkan Sungai Cigenter dalam daftar liburan mereka kala itu.

Dikutip dari Okezone, perjalanan mereka dimulai dari Stasiun Kereta Api Bandung. Dengan jalur darat menuju Provinsi Banten, mereka menuju kedua pulau dan satu sungai yang jadi tujuan liburan.
Perjalanan terasa menyenangkan, karena tingkah konyol dan lucu keduanya. Mereka juga terlihat kompak dan bahagia selama perjalanan. Setelah turun dari kereta, mereka naik sebuah bus untuk menuju pantai dan lanjut naik kapal untuk ke Pulau Peucang, salah satu pulau terpopuler di Kawasan TNUK. Pulau Peucang memiliki pasir putih yang bersih dan bebas dari sampah yang berserakan. Air lautnya jernih dan berwarna biru, bisa menenangkan jiwa.

Saat malam harinya, kedua sejoli tersebut menerbangkan lampion di pantai. Giliran Sungai Cigenter yang mereka telusuri keesokan harinya. Dengan berperahu dan mendayung di antara lebatnya pepohonan, perjalanan mereka berlangsung seru dan menyenangkan. Saat berada di Sungai Cigenter, wisatawan seakan sedang bersampan di Sungai Amazon. Air terjun bertingkat dan indah telah menanti wisatawan di ujung penelusuran. Pemandangan khas rimba akan wisatawan temui sepanjang perjalanan. Ular yang menggantung di pepohonan, dan binatang-binatang buas lainnya juga turut mengisi pemandangan tepi sungai.

Destinasi selanjutnya, yaitu Pulau Badul. Pulau kecil yang memiliki keindahan yang bisa membuat pengunjungnya lupa diri. Pesona birunya air laut dan pantai pasir putih yang menakjubkan bersihnya, dengan sekejap bisa menghipnotis wisatawan dan membuat lupa pulang. Berenang dan menyelami laut Pulau Badul bisa jadi kegiatan yang sangat disarankan jika berada di pulau tersebut. Sebab, surga bawah laut pulau tak berpenghuni tersebut sangatlah indah dan Anda akan menyesal jika melewatkannya. Melebur dan bersatulah dengan laut yang bersih dan berkilauan, jadikan liburan di TNUK kegiatan yang berkesan dan selalu terkenang sepanjang masa. (Suni/”KB”)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here