Sabtu, 20 Oktober 2018

Menikmati Keindahan Air Mancur Alun-alun Kota Cilegon

Alunan musik rebana terdengar di panggung utama Cilegon Expo 2018 di Alun-alun Kota Cilegon Rabu (9/5/2018) malam. Suara vokalis dan musik asal Timur Tengah tersebut, menambah kemeriahan pengunjung di Alun-alun Kota Cilegon.

Dibelakang dan samping panggung utama, ratusan bahkan ribuan orang, orang tua, kaum muda, dan anak-anak, berkumpul menikmati suasana malam di pelataran alun-alun tersebut. Mereka menikmati keindahan air mancur dengan kombinasi warna warni yang memancar laiknya siklus kehidupan masyarakat.

Di kawasan alun-alun, terdapat pula, awning-awning yang jadi pusat kuliner pengunjung. Awning pun didesain secara indah, dengan deretan kursi pembeli di ruang terbuka. Pengunjung akan menikmati kuliner dengan view suasana alun-alun dan pemandangan langit yang tiada batas.

Pengunjung juga akan leluasa berkunjung ke alun-alun kota Cilegon karena lahan parkir tersedia sangat luas. Bahkan, dalam momen tertentu, jalan samping gedung DPRD Kota Cilegon dan jalan depan Pemkot Cilegon dan Kodim sewaktu-waktu bisa ditutup untuk area parkir.

Tentu masyarakat Kota Baja patut berbangga. Setelah lama menanti, Alun-alun Kota Cilegon, hadir di tengah-tengah warga di kota industri. Muncul rasa bangga, bahagia dari warga, karena Kota Baja hadir membawa destinasi wisata baru. Sama seperti tren desain ruang publik disejumlah kota besar dunia, dan juga kota-kota besar di Indonesia.

Alun-alun adalah kado istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kota Cilegon. Peresmian alun-alun yang dikemas secara kolosal, membuat gaungnya hingga kini makin memikat pengunjung, bukan hanya warga Kota Cilegon, tetapi juga dari sejumlah daerah di Banten dan juga luar daerah Banten.

Toni Burhansyah, warga Kota Cilegon, mengaku bangga Cilegon memiliki alun-alun kota yang megah. “Ini lompatan besar pembangunan di Cilegon. Alun-alun adalah ruang publik yang jelas manfaatnya untuk semua lapisan masyarakat,” tuturnya.

Ia mengatakan Alun-alun Kota Cilegon kini menghentak sebagai destinasi wisata baru di Kota Cilegon. Dampaknya, tutur dia, bukan hanya sektor wisata, tetapi juga bagi perekonomian masyarakat.

Ia berharap keberadaan alun-alun menjadi salah satu wisata unggulan sehingga perlu mendapat perhatian dalam perawatan maupun pengembangannya. “Kebersihan, keindahan, keamanan dan kenyamanan harus diutamakan,” ucapnya.

Sejumlah pengunjung mengaku tertarik datang ke Alun-alun Kota Cilegon sejak menjelang petang hingga malam hari. “Air mancur sangat indah dengan kombinasi warna warni. Banyak yang selfi-selfi dengan background air mancur tersebut,” ucap Aisyah Anis Salma, pengunjung asal Kota Serang.

Plt Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi meminta pengunjung untuk bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas yang ada di Alun-alun Kota Cilegon sebagai salah satu ruang terbuka hijau.
Kemegahan Alun-alun Kota Cilegon, adalah salah satu cerminan identitas sebuah kota.

Kota Cilegon sebagai kota industri, membawa konsekuensi wilayah kota yang makin padat dan sesak. Oleh karena itu, keberadaan akan ruang terbuka hijau, makin menjadi kebutuhan masyarakat. Alun-alun Kota Cilegon, adalah oase masyarakat kota yang jenuh dan penat sehabis menjalankan rutinitas sehari-hari. (Himawan Sutanto)*


Sekilas Info

Kursi Wakil Walikota Cilegon, Usulan Rekomendasi DPP Partai Golkar: Ratu Ati Marliati Dapat Sinyal Positif

CILEGON, (KB).- Langkah Ratu Ati Marliati maju dalam perebutan kursi Wakil Wali Kota Cilegon melalui pemilihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *