Menikmati Jernihnya Air Cadas Ngampar

WISATA alam Cadas Ngampar yang berlokasi di Desa Citaman, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang bisa dibilang destinasi wisata yang masih perawan. Sebab, destinasi wisata yang melekat akan mitos tempat pemandian Kian Santang ini belum banyak diketahui wisatawan.

Dinamakan Cadas Ngampar, karena memang tempat ini berhamparan batu cadas yang berukuran kurang lebih 9×60 yang di tengah batu berlubang panjang dengan kedalaman air satu meter. Air yang sangat jernih dan sejuk sangat cocok untuk pemandian dan foto selfi, karena tempat ini jauh dari polusi.

Sebelum menuju lokasi, disepanjang perjalanan menuju Cadas Ngampar wisatawan juga akan disuguhi indahnya pemandangan laut dari kaki Gunung Hasepan. Yang membuat menarik, konon Cadas Ngampar ini dahulu tempat pemandian Kian Santang saat usai dari pertapaan.

Cerita ini sebagian dipercayai oleh warga setempat, bahkan warga ada yang percaya mandi di Cadas Ngampar ini bisa menghilangkan nasib sial dan menimbulkan aura kecantikan dan kewibawaan.

Azis, warga setempat menuturkan, tak jauh dari tempat itu juga sebelah Utara ada goa dan Curug Putri serta Curug Halimun. Sayangnya, tempat ini belum diketahui oleh masyarakat banyak karena akses jalan yang belum bisa dijangkau oleh kendaraan bermotor padahal tempat ini jika dikelola dengan baik bisa jadi aset daerah.

Ia menjelaskan, tempat wisata tersebut sudah cukup bagus dan unik jarang dimiliki oleh tempat wisata yang lain, karena kolam tempat pemandiannya 100 persen hamparan batu yang indah. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here