Menggapai Surga Petualangan Alam di New Zealand

Semua pecinta traveling pasti pernah membayangkan pergi ke New Zealand! Negeri di belahan selatan Bumi ini memang bisa dibilang sebagai surganya petualangan dan pemandangan indah. Anda bisa menemukan deretan pegunungan, gunung api aktif, garis pantai yang begitu panjang dan menggoda, gletser, danau, hingga hutan hujan yang rimbun.

Bahkan bukan cuma petualangan yang bisa Anda temukan di sini. Dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 4 juta jiwa, New Zealand adalah negara yang sepi dan membuat Anda mencapai kedamaian.

Untuk bisa mencapainya Anda harus terbang selama lebih kurang 13 jam. Mengingat panjangnya durasi penerbangan tersebut, ada baiknya Anda memilih maskapai yang sudah dikenal akan keamanannya, salah satunya Qantas. Kemudian pastikan fisik Anda dalam kondisi prima mengingat Anda akan bertualang di alam terbuka.

Berikut ini adalah daftar tempat-tempat petualangan alam terbuka yang menarik di New Zealand:

1. Arungi sungai di antara tebing Milford Sound

Arahkan perjalanan Anda ke Christchurch dan sambung dengan penerbangan ke Queenstown. Dari sana Anda masih harus menempuh perjalanan darat selama 5 jam menggunakan mobil atau menyambung pesawat lagi selama 40 menit. Perjalanan yang begitu panjang, bukan?

Namun di ujungnya, Anda bakal merasakan petualangan mendebarkan dan paling seru dalam hidup. Di Milford Sound, Anda bisa mengunjungi Deep Water Basin untuk menikmati matahari terbenam di balik rangkaian pegunungan; melihat glow-worms (macam-macam serangga yang bisa menyala) di antara ranting-ranting pohon pada malam hari; menatap Galaxy Bima Sakti dengan mata telanjang; atau berjalan-jalan menembus hutan hujan di Fiordland’s.

2. Diving hingga menyusur pantai di Bay of Islands

Di ujung utara New Zealand, pada bagian pesisir timurnya, Anda bisa menemukan Bay of Islands yang terdiri dari 144 rangkaian pulau. Mulai dari bermain di pantai, diving, hingga menyusuri lautan menggunakan kapal, semua bisa Anda lakukan di sini.

Bila ingin menjelajahi perairan sekitar pulau, maka Anda bisa datang ke Paihia Wharf. Anda bisa menemukan tur yang bakal membawa Anda berlayar atau melihat lumba-lumba bermain di tengah perairan. Anda juga bisa mengunjungi Hole in the Rock, yang merupakan formasi batuan besar di tengah laut dengan lubang pada salah satu sisinya.

Kalau menyukai kehidupan bawah laut, Anda juga bisa mencari operator scuba diving di sekitar Paihia Wharf. Mereka bisa membawa Anda menjelajah terumbu karang yang cantik, bangkai kapal yang tenggelam, atau bertualang di gua bawah air.

3. Jelajah gunung api di Tongariro National Park

Ketahanan fisik Anda akan diuji dalam petualangan kali ini. Di taman nasional yang begitu lulas ini, kegiatan yang paling populer dilakukan adalah day hike (naik-turun gunung) di Tongariro Crossing.

Walau melelahkan, pemandangan yang bisa dilihat sambil menyusuri jalur daki Tongariro Crossing ini sangatlah memuaskan. Di sepajang jalan Anda bisa melihat kawah berwarna merah, danau yang berwarna hijau dan biru, barisan pegunungan di kejauhan.

Akan tetapi ingatlah, persiapkan fisik dan bekal sebaik mungkin! Pasalnya Anda akan menempuh perjalanan hiking selama 8 jam di Tongariro Crossing. Ditambah lagi kondisi cuaca dan lingkungan bisa berubah tak menentu.

4. Sumber air panas di Rotorua

Kalau yang Anda cari adalah petualangan bersama keluarga, maka pemandian air panas alami selalu jadi pilihan yang baik. Untuk mencapainya Anda mesti memilih penerbangan ke Auckland dan menyambung perjalanan selama kurang lebih 3 jam 30 menit menggunakan bus ke Rotorua.

Di sana Anda bisa menemukan banyak sekali kolam pemandian air panas. Lalu bila ingin hemat, cobalah untuk mengunjungi jembatan menuju ke Wai-O-Tapu. Di dekat jembatan ini terdapat titik pertemuan arus panas dan dingin di sungai, dan bisa jadi tempat untuk menikmati air panas gratis.

Selain mandi air panas, Anda juga bisa mengajak keluarga berkegiatan lain. Misalnya menjelajah hutan Whakarewarewa Redwood memakai sepeda gunung, berburu kuliner lokal di Rotorua Night Market, serta merasakan nuansa kebudayaan New Zealand dengan berkunjung ke desa suku Maori di Ohinemutu.

5. Melihat glacier di Frans Josef

Petualangan yang satu ini tidak se-ekstrim yang bayangan Anda. Namun Anda tetap mesti menyiapkan fisik dan memastikan diri dalam kondisi prima. Pasalnya untuk bisa melihat glacier atau daratan yang terbentuk oleh es, Anda harus mendaki ke Alex Knob dengan durasi setidaknya 8 jam.

Kemudian dari puncak dengan ketinggian 1.280 meter di atas permukaan laut, Anda akan menemukan gardu pandang untuk melihat Frans Josef Glacier di kejauhan. Jangan lupa, Anda mesti berangkat sangat pagi, sekitar jam 4 atau 5 pagi waktu setempat, supaya bisa sampai di puncak tepat sebelum matahari terbit dan menyibak pemandangan indah.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here