Menggali Potensi Olah Raga Siswa Melalui Kompetisi Futsal

Kepala Disdikbud Lebak Wawan Ruswandi saat menghadiri acara pembukaan kompetisi futsal tingkat SLTA se-Banten yang digelar Universitas Terbuka Serang di Gelanggang Olah Raga Ona, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu-Ahad (20-21/4/2019).*

UNIVERSITAS Terbuka (UT) Serang menggelar kompetisi futsal tingkat SLTA se-Banten di Gelanggang Olah Raga (GOR) Ona, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu-Ahad (20-21/4/2019).

Kompetisi tersebut merupakan bagian dari penjajakan kerja sama antara UT Serang dan Pemkab Lebak dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang olah raga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lebak Wawan Ruswandi sangat mengapresiasi upaya kerja sama peningkatan SDM bidang olah raga dengan UT Serang. Apalagi, Lebak diberi kepercayaan ditunjuk sebagai tempat digelarnya kompetisi futsal tingkat SLTA se-Banten.

“Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan SDM, khususnya memotivasi pelajar untuk terus berprestasi di bidang olah raga,” ujar Wawan.

Ia menambahkan, dengan metologi pembelajaran yang diterapkan UT, yakni penerapan sistem belajar jarak jauh dan terbuka nempermudah proses pembelajaran. Dimana, istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

“Metode itu tentu menjadi salah satu solusi alternatif dalam meringankan biaya pendidikan perkuliahan. Karena, sebetulnya biaya pendidikan kuliah yang besar itu salah satunya dari biaya hidup di luar kota selama kuliah,” katanya.

Sementara, Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh, Maman Rumanta menyampaikan, perjanjian kerja sama yang dilakukan UT dengan Pemkab Lebak saat ini merupakan titik awal UT Serang secara aktif meningkatkan SDM masyarakat, khususnya di Kabupaten Lebak.

“Saya optimistis dengan melihat mahasiswa UT Serang yang ada di Lebak cukup banyak dan menempati urutan ketiga terbanyak di Banten serta turut aktif dan berprestasi dalam berbagai kegiatan dan program yang dilaksanakan UT Serang,” ucapnya.

Perlu diketahui, selain kerja sama dengan Pemkab Lebak, UT Serang juga mengadakan kerja sama dengan KONI Lebak yang fokus pada peningkatan SDM di bidang olah raga. (Lugay/Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here