Senin, 17 Desember 2018

Mengenang H. Dayat Sundayat: Menjual Kabar Banten Hingga ke Pelosok Baksel

Salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Malingping H. Dayat Sundayat bin Karsa Sukatmana, telah berpulang ke Rahmatullah pada usianya yang ke-70 tahun, Kamis (7/6/2018) sekitar pukul 18.20 WIB di kediamannya Jalan Siliwangi No. 12 Kp. Pasir Haur, Desa Malingping Utara, Kecamatan Malingping.

Almarhum yang lahir di Sumedang tahun 1948 yang merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil di Komando Rayon Militer (Koramil) Malingping, meninggalkan seorang istri Hj. Yayu, tiga orang anak, serta sembilan cucu. Informasi dari keluarga, almarhum sempat beberapa kali dirawat di rumah sakit dan tempat pengobatan alternatif atas penyakit lambung yang dideritanya.

Kabar duka yang disampaikan oleh putra almarhum, Dini Hidayat, yang juga merupakan salah seorang wartawan HU Kabar Banten, meninggalkan duka mendalam bagi kelurga besar Kabar Banten, mengingat peran dan jasa almarhum dalam membesarkan nama Fajar Banten yang kemudian berganti nama menjadi Kabar Banten, khususnya di wilayah Lebak Selatan.

”Bapak menyambut antusias kehadiran koran Fajar Banten, sebagai alternatif bacaan yang tepat bagi masyarakat, yang selama ini kekurangan informasi terutama informasi yang menyangkut wilayahnya. Melalui koran Fajar Banten ini Bapak percaya minat baca masyarakat akan tumbuh dan berkembang. Karena adanya bacaan yang menyangkut daerah atau wilayahnya,” begitulah kira-kira inti percakapan Fajar Banten (Kabar Banten) pada awal perkenalan dengan H. Dayat Sundayat awal tahun 2000-an di kediamannya.

Sebagai wartawan yang ditugaskan untuk meliput dan membuka pasar di wilayah Lebak Selatan, penulis tentu sangat terbantu dengan kehadiran sosok Kang Dayat (begitulah sebutannya dalam setiap percakapan kami) sebagai agen sekaligus ujung tombak pemasaran HU Fajar Banten di Lebak Selatan.

Kang Dayat dengan antusias memperkenalkan sejumlah koleganya serta merekomendasikan sejumlah sumber berita potensial, mulai dari pejabat di lingkungan kecamatan, kepala desa, tokoh masyarakat, hingga para kepala sekolah. Sebagai salah satu tokoh masyarakat yang dikenal memiliki kepedulian pada masyarakat, rekomendasi Kang Dayat ternyata sangat ampuh sehingga Fajar Banten bisa menjalin kemitraan dengan sejumlah sekolah sehingga mampu mengangkat pamor dan oplah HU Fajar Banten.

Dengan tekad dan kerja keras, serta keinginan kuatnya untuk membangkitkan minat baca masyarakat, perlahan namun pasti HU Fajar Banten berhasil merambah seluruh wilayah Lebak Selatan yang meliputi 10 kecamatan. Melalui jaringan-jaringan yang dibentuk disejumlah kecamatan serta armada loper yang dimilikinya, Kang Dayat berhasil mengantarkan HU Fajar Banten sebagai satu-satunya media yang mampu menembus ke pasaran hingga ke pelosok selatan dengan oplah rata-rata per hari mencapai sekitar 800-1.000 eksemplar.

Atas keberhasilannya dalam membangun jaringan serta untuk menjaga “pasar” yang telah berhasil dibangunnya, jajaran direksi memilih Kota Kecamatan Malingping sebagai salah satu lokasi peluncuran (launching) HU Kabar Banten, sebagai pengganti nama HU Fajar Banten. Mengingat kondisi kesehatannya yang terus menurun, pada tahun 2015 Kang Dayat memutuskan untuk istirahat dari segala aktivitas dan mengisi hari-harinya bersama anak, cucu dan keluarga besarnya.

Ketokohan Kang Dayat tergambar dari kunjungan pelayat yang silih berganti mendatangi rumah duka sejak tersiarnya berita duka. Ratusan pelayat mengikuti salat jenazah di Masjid Nurul Iman Kp. Pasir Haur sekitar pukul 09.00 WIB. Dengan diantar ratusan pelayat, jasad almarhum diberangkatkan menggunakan ambulans jenazah RSUD Malingping menuju tempat pemakaman umum (TPU) Kramat sebagai tempat peristirahatan terakhirnya. Inalilahi Wainalilahi Rojiun. ”Selamat Jalan Kang Dayat” (T.Soemarsono/KB)*


Sekilas Info

Baznas Banten dan Ikro Lebak Selatan Bangun Rumah Tak Layak Huni di Ciherang

LEBAK, (KB).- Baznas Provinsi Banten menggelar kegiatan bedah rumah tidak layak huni milik pasangan Jaya dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *