Jumat, 14 Desember 2018

Mengaku Orang Dekat Kepala BKD Banten, Oknum Calo Jabatan Berkeliaran

SERANG, (KB).- Oknum yang mengaku perantara atau calo jabatan berkeliaran di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Dari aksi penipuan tersebut, dua Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi korban aksi penipuan dengan modus mencatut nama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten tersebut.

Dalam menjalankan aksinya, oknum yang memanfaakan mutasi dan promosi jabatan tersebut dengan meminta transfer sejumlah uang kepada ASN untuk kepentingan mutasi dan promosi jabatan. Mereka mengaku orang yang dekat dengan Kepala BKD Banten dan bisa dengan mudah menempatkan ASN pada jabatan tertentu. Dengan catatan, ASN mau memberikan sejumlah uang.

Salah satu nomor handphone yang dipakai untuk menjalankan modus tersebut yakni 0838 3372 327. Kejadian itu telah dibantah oleh BKD Provinsi Banten melalui surat himbauan nomor 800 /3182 – BKD/ 2018 yang ditandatangani oleh Kepala BKD Provinsi Banten Komarudin, Jumat (21/9/2018).

Dalam surat yang ditujukan kepada Kepala OPD di lingkungan Pemprov Banten ini dijelaskan, bahwa BKD Provinsi Banten telah mendapatkan sejumlah laporan dan pengaduan dari berbagai pihak tentang adanya pihak atau oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Kepala BKD Banten, dengan modus meminta transfer sejumlah uang untuk kepentingan mutasi dan promosi. Salah satu nomor telepon yang dipakai untuk menjalankan modus tersebut yakni nomor 0838 3372 327.

Berkaitan dengan hal tersebut, BKD Provinsi Banten menegaskan Kepala BKD Banten tidak pernah memghubungi dan meminta ASN Provinsi Banten untuk transfer sejumlah uang, hal itu murni penipuan. Oleh sebab itu, BKD Provinsi Banten meminta untuk tidak menanggapi dan segera melapor kepada BKD Provinsi Banten apabila mengalami kejadian tersebut.

Saat dibubungi, Kepala Bidang Pembinaan dan Data Kepegawaian pada BKD Banten, Alfian membenarkan kejadian tersebut. Berdasarkan informasi yang diterimanya, oknum yang melakukan penipuan berjumlah dua orang.

“Iya betul, berdasarkan informasi yang saya terima sudah ada 2 orang ASN yang menjadi korban penipuan oknum tersebut yang mengaku-ngaku bisa mengatasi promosi,” katanya, Senin (24/9/2018).

Terkait modus yang digunakan oknum dalam melancarkan aksinya tersebut, ia belum membeberkannya secara jelas. “Kalau gimana caranya cek orang hapal kan kebetulan saya sedang di luar kota, coba silakan tanya ke Pak Kaban (Kepala BKD Banten) langsung,” ujarnya.

Ia meminta seluruh ASN di lingkungan Pemprov Banten untuk tidak terperdaya oleh penipuan yang dilakukan oknum tersebut.“Agar bisa lebih hati-hati lagi dan tidak mudah percaya kepada orang-orang yang mengaku-ngaku mengatasnamakan kepala BKD Banten terlebih mau mengirimkan sejumlah uang sebagai pelicin,” katanya.

Sementara itu, saat dihubungi melalui sambungan seluler, Kepala BKD Banten Komarudin belum dapat menjelaskan secara detail kejadian tersebut. Ia meminta wartawan untuk kembali mewawancarainya, Selasa (25/9) hari ini. “Besok saja (hari ini) ya wawancaranya,” katanya. (SN)*

 


Sekilas Info

107 ASN Pemkab Serang di Rotasi, Dua Jabatan Eselon II Kosong

SERANG, (KB).- Sebanyak dua jabatan eselon dua di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, yakni Kepala Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *