Minggu, 18 November 2018

Menelusuri Situs Wisata Ziarah di Banten

PROVINSI Banten banyak terdapat objek wisata ziarah yang tersebar di empat kota dan kabupaten. Objek wisata ini umumnya berupa makam/kuburan yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Biasanya yang dimakamkan merupakan tokoh yang memiliki kharisma di masa lampau dan memiliki kemampuan lebih dari manusia umumnya. Seperti ulama, syekh, wali, raja, pengeran, sultan dan panglima perang.

Di antara objek wisata ziarah yang banyak dikunjungi para peziarah adalah Kelenteng Avalokitesvara Banten yang lokasinya berada di Banten Lama, Serang. Kelenteng ini merupakan salah satu vihara tertua di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke 16. Di dalam vihara terdapat patung Dewi Kwan Im, peninggalan pada masa Kaisar Cina pada Dinasti Ming. Vihara ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah agama Budha.

Di samping vihara ini terdapat pula vihara Tjoe Soe Kong atau Kelenteng Tanjung Kait, Kabupaten Tangerang. Tidak jauh dari lokasi kelenteng tua ini terdapat makam Dewi Neng, Mbah Rahman dan Aki Brosut. Di objek wisata ziarah ini sudah terjadi pembauran antara pendatang Cina dengan penduduk setempat.

Satu lagi, kelenteng tua adalah Kelenteng Boen SanBio yang lokasinya di Kota Tangerang. Kelenteng ini tepatnya berada di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Kranjaya, Kecamatan Karawaci. Didirikan pada tahun 1689 sebagai tempat ibadah umat Budha dan Kong Hu Cu. Kelenteng ini ramai oleh pengunjung pada saat tradisi pekcun digelar. (Rizki Putri)*


Sekilas Info

Destinasi Wisata di Provinsi Banten untuk Liburan Akhir Tahun

BINGUNG liburan akhir tahun nanti pergi berwisata kemana? Nah, bagi anda yang masih bingung, yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *