Menag Resmikan Gedung Asrama MAN 2 Kota Serang, Madrasah Diharapkan Terapkan ”Boarding School”

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) Fachrul Razi didampingi Kepala Kanwil Kemenag Banten Bazari Syam, meresmikan gedung asrama siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Serang, Kamis (20/2/2020).*

SERANG, (KB).- Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) Fachrul Razi meresmikan gedung asrama siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Serang, Kamis (20/2/2020). Gedung tersebut dibangun dengan biaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dari Kementerian Agama (Kemenag). Dia berharap, banyak madrasah menerapkan boarding school.

“Saat ini, madrasah sudah banyak diminati masyarakat. Kalau dahulu siswa yang tidak diterima di sekolah negeri baru ke madrasah, sekarang madrasah jadi pilihan utama bagi masyarakat. Itu bukan hanya karena pola pendidikan yang baik, tapi juga kualitas guru yang baik,” kata Fachrul Razi kepada Kabar Banten.

Ia berharap, kualitas madrasah terus berkembang, sehingga bisa melahirkan generasi yang mempunyai keunggulan dalam iman dan takwa, akhlak mulia dan ilmu pengetahuan. Selain itu, wawasan kebangsaan yang tinggi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.

“Itu mencontoh Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) unggulan, program keagamaan dan kejuruan. Sekarang banyak sekali peminatnya full boarding, dan sekarang coba mendekati itu, diharapkan lebih sukses dan membangun generasi masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Penutupan SNPDB

Ia mengatakan, belum lama ini Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) ditutup tercatat sebanyak 17.000 siswa mengikuti seleksi, jumlah tersebut naik dari yang sebelumnya hanya 13.000 siswa yang mendaftar.

“Kita bangga dengan banyak minat pendaftar ke MAN IC, pendaftarnya tidak hanya siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) tapi 40 persen tamatan SMP dan 60 persen tamatan MTs, itu menunjukkan madrasah berkualitas dan semakin diminati orangtua dan peserta yang ingin mendapatkan pembelajaran yang baik,” ujarnya.

Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi menandatangani prasasti gedung asrama MTsN 5 Tangerang.*

Unggulan

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Banten A Bazari Syam mengatakan, pihaknya juga memiliki madrasah unggulan nasional, yakni MAN IC Serpong, tidak hanya itu madrasah lainnya juga terus melakukan improvisasi untuk mengejar kualitas. Salah satunya dengan pengembangan bording school.

“MAN 2 Kota Serang sekarang berkembang pesat, 90 persen lulusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kini di Banten mempunyai 21 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MI), 33 MTs Negeri dan 22 MAN dan siswanya swasta. Selain meresmikan gedung asrama di MAN 2 juga meresmikan di MAN 2 Pandeglang, MAN 4 Kabupaten Tangerang, MTsN 5 Tangerang, MTsN 1 Kota Tangerang, dan MIN 3 Pandenglang. Juga diresmikan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Maja, KUA Malingping, KAU Kota Cilegon dan KUA Cikande, serta Pusat Layanan Haji dan Umrah terpadu (PLHUT) di Pandeglang,” katanya.

Selain meresmikan gedung asrama MAN 2, menag juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Serba Guna Universitas Mathla’ul Anwar (GSG Unma) Banten, di Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Pandeglang, Kamis (20/2/2020).

Dalam peresmian pembangunan gedung serba guna tersebut, Menag juga menandatangani prasasti peresmian program S2 PAI Unma. Dalam acara tersebut, Menag RI Fachrul Razi menyatakan dukungan perbaikan kualitas pendidikan dan menyupport secara moril untuk berjalannya proses pembelajaran di Unma Banten.

“Kementerian Agama menyambut baik dan mengapresiasi perbaikan kualitas pendidikan. Semoga pembangunan ini berlangsung baik, sehingga dapat selesai tepat waktu dan bisa digunakan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa semakin berkualitas,” tuturnya.

Razi berharap Unma Banten dapat mencerdaskan anak bangsa yang berkualitas. “Pendidikan hal penting dalam mencerdaskan anak bangsa sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar 1945,” ucapnya.

Masih di lokasi yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyambut baik kedatangan Menag Fachrul Razi yang sudah mengunjungi Kampus Unma Banten. Irna menyampaikan terima kasih kepada Menag, karena sudah memberikan bantuan pendidikan untuk Kabupaten Pandeglang.

“Pada hari yang baik ini kita kedatangan tamu yang terhormat Bapak Menteri Agama yang kami banggakan. Ini tanda cinta kasih dan kepedulian Bapak Menteri, karena peduli penuh terhadap mutu pendidikan agama di Indonesia, khususnya Pandeglang dan Banten,” kata Irna.

Menurut Irna, Unma Banten adalah aset terbesar di Pandeglang. “Unma ini universitas swasta terbesar se-Banten yang merupakan aset Pandeglang dan kebanggaan kami satu-satunya yang sudah buming dan banyak cabangnya serta program studinya. Hari ini ada peletakan batu pertama peresmian Program Sarjana Magister Pendidikan Agama Islam. Ini bentuk kontribusi yang besar diberikan kepada Unma,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PB Mathla’ul Anwar Sadeli Karim menuturkan, pendidikan tinggi ini untuk menampung masyarakat yang tidak mampu kuliah ke kota.

“Sudah banyak di sini yang bekerja dan mereka ada yang menjadi polisi, ASN dan hari ini juga dekat Kapolda, jadi banyak polisi yang kuliah di sini,” tuturnya.

Sadeli mengatakan, pembangunan gedung serba guna tersebut rencananya untuk kepentingan mahasiswa.

“Kita akan membangun gedung ini untuk keperluan mahasiswa, karena apabila musim hujan becek, ada acara wisuda dan mudah-mudahan pembangunan gedung ini segera terwujud,” katanya. (DE/Ade Taufik/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here